CDC: Pakai Masker Ganda Efektif Lindungi Diri dari Droplet

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Riset dan Publikasi
11 Februari 2021, 11:15
HEALTH-CORONAVIRUS/PHILIPPINES
ANTARA FOTO/REUTERS/Lisa Marie David/rwa/cf

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan pemakaian masker ganda untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui droplet. Droplet adalah cairan atau cipratan liur yang dikeluarkan seseorang dari hidung atau mulut saat bersin, batuk atau berbicara. Virus Covid-19 paling banyak menyebar melalui droplet.

“Saya sering memakai masker ganda yaitu masker kesehatan dan masker kain. Tidak ada yang salah dengan hal itu,” kata pakar penyakit infeksi Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci, seperti dilansir The Guardian, Rabu (10/2/2021).

Advertisement

Studi yang dilakukan CDC menemukan fakta bahwa masker yang protektif bisa melindungi wajah dari masuknya udara yang berasal dari sisi pinggir masker. CDC melakukan studi tersebut dengan membandingkan pemakaian masker kesehatan yang tidak sesuai dengan prosedur, masker kain, masker ganda dan tidak memakai masker sama sekali. Uji coba dilakukan oleh dua orang.

Berdasarkan hasil studi tersebut, seseorang yang menggunakan masker kesehatan dan masker kain bisa melindungi diri mereka paparan droplet sebesar 90 persen. Kemungkinan transmisi bisa semakin berkurang apabila kedua belah pihak sama-sama memakai masker.

“Masker universial sangat efektif untuk memperlambat penyebaran virus Covid-19 apabila dikombinasi dengan sejumlah cara lain seperti menjga jarak. Menghindari keramaian dan mencuci tangan,” tulis temuan studi tersebut.

Namun, studi tersebut mempunyai keterbatasan. Temuan tersebut belum tentu bisa diterapkan kepada laki-laki dengan janggut atau yang memiliki rambut di bagian wajag yang bisa mengurangi efektivitas pemakaian masker, serta anak-anak yang mempunyai wajah lebih kecil.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement