Produksi Vaksin Covid-19 untuk Varian Baru Perlu Waktu 6 Bulan

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Riset dan Publikasi
12 Februari 2021, 13:00
PERKEMBANGAN VAKSINASI COVID-19 DI INDONESIA
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.

Perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca mengungkapkan, perlu waktu 6-9 bulan untuk memproduksi vaksin yang efektif untuk melawan varian baru virus Covid-19. AstraZeneca sudah memproduksi vaksin yang sudah mendapatkan izin untuk digunakan dalam vaksinasi terhadap virus asli Covid-19.

Vaksin tersebut juga masih efektif untuk digunakan terhadap satu varian baru yang ditemukan di Kent, Inggris. Akan tetapi, vaksin produksi AstraZeneca tidak bisa digunakan untuk melawan varian baru dari Afrika Selatan karena tingkat efikasi yang rendah.

“Proses produksi vaksin  tidak dilakukan hari ini tapi sudah sejak beberapa minggu lalu ketika varian baru muncul. Kami menargetkan vaksin yang bisa digunakan melawan varian baru Covid-19 pada musim semi nanti,” kata Sir Mene Panaglos, Wakil Presiden Eksekutif Litbang BioPharmaceuticals di AstraZeneca, dilansir dari laman The Guardian, Kamis (11/2/2021).

Menurut Panaglos, setelah diproduksi maka vaksin tersebut harus mendapatkan persetujuan dari otoritas medis sebelum akhirnya bisa dipakai untuk vaksinasi. Proses persetujuan diperkirakan memerlukan waktu sekitar tiga bulan.

Dengan demikian, paling cepat baru 9 bulan lagi vaksin untuk varian baru Covid-19 tersedia dan bisa digunakan dalam vaksinasi.

Varian baru Covid-19 di Afrika Selatan yang disebut dengan nama E484K diketahui kebal terhadap vaksin yang sudah diproduksi saat ini. Hal ini diketahui setelah dilakukan vaksinasi terhadap pasien yang positif terpapar varian baru Covid-19.

Varian E484K merupakan mutasi dari varian Kent. Varian ini muncul pertama kali di Afrika Selatan. Untuk pasien yang terinfeksi varian E484K tetap bisa divaksinasi namun hanya untuk gejala ringan.

“Asumsi saya, vaksin AstraZeneca masih tetap efektif untuk melawan varian baru tersebut namun hanya bisa untuk pasien dengan gejala ringan,” kata Panaglos.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...