Lansia Jadi Prioritas pada Tahap Dua Vaksinasi Covid-19

Arofatin Maulina Ulfa
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
27 Februari 2021, 11:00
Warga lansia (lanjut usia) menunjukkan kartu vaksinasi di SD 05, Penggilingan, Jakarta Timur, Kamis (25/2/2021). Pemerintah menargetkan 21,5 juta lansia akan mendapat vaksin COVID-19 guna mengurangi penyebaran wabah COVID-19.
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Warga lansia (lanjut usia) menunjukkan kartu vaksinasi di SD 05, Penggilingan, Jakarta Timur, Kamis (25/2/2021). Pemerintah menargetkan 21,5 juta lansia akan mendapat vaksin COVID-19 guna mengurangi penyebaran wabah COVID-19.

Pemerintah telah memulai tahap pertama vaksinasi Covid-19  yang ditujukan pada tenaga kesehatan. Adapun tahap dua, pemerintah memprioritaskan kalangan masyarakat lanjut usia (lansia) yang berusia di atas 60 tahun

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, setidaknya terdapat alasan mengapa kelompok lansia diprioritaskan. Hal ini karena lansia menyumbang sekitar 10,7% dari seluruh kasus terkonfirmasi positif. Di samping itu, sebesar 48,3% dari kasus pasien meninggal Covid-19  adalah kelompok lansia. 

Advertisement

"Lansia merupakan kelompok rentan, karena kekebalan tubuhnya pun menurun seiring bertambahnya usia. Dan ketika terjadi infeksi Covid-19 , akan semakin parah dengan adanya penyakit penyerta atau komorbid," ujar Wiku dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19  di Graha BNPB, Selasa (23/2).

Program vaksinasi lansia dilaksanakan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) mengeluarkan Emergency Use of Authorization (EUA) pada 5 Februari 2021. Adapun kelompok lansia juga akan mendapat 2 dosis vaksin yang mana dosis kedua  akan diberikan dalam selang waktu 28 hari sejak dosis pertama disuntikkan. 

Menurut Wiku, saat ini vaksinasi lansia telah dimulai di ibu kota provinsi, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Hal ini didasarkan pada pertimbangan kontribusi kasus, kesiapan fasilitas penyimpanan vaksin, dan telah tercapainya target tahapan vaksinasi kepada tenaga kesehatan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement