Angka Kematian di Jawa-Bali Menurun Saat PPKM Mikro

Arofatin Maulina Ulfa
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
27 Februari 2021, 12:30
Sejumlah petugas mengusung jenazah untuk dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Kelurahan Winongo, Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (23/2/2021). Berdasarkan data Pemprov Jawa Timur terdapat penambahan angka kematian akibat COVID-19 di Jawa Timur pada S
ANTARA FOTO/Siswowidodo/wsj.

Kasus positif Covid-19 di Tanah Air mengalami penambahan 8.493 kasus positif per 25 Februari 2021. Hingga kini, jumlah kasus aktif mencapai 157.705 kasus atau 12,0 persen. Angka ini masih di bawah rata-rata dunia 19,30 persen. Jumlah kasus sembuh juga mengalami peningkatan menjadi 1.121.141 kasus atau 85,3 persen dibandingkan rata-rata dunia 78,45 persen. Sementara kasus meninggal sebesar 35.518 kasus atau 2,7 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata dunia yakni 2,22 persen. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tingkat RT/RW di kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali menunjukkan hasil signifikan. Hal ini dilihat dari angka kenaikan kasus dan angka kematian tertinggi sudah tidak lagi didominasi oleh Pulau Jawa.

Advertisement

"Hal ini sejalan dengan perkembangan yang diharapkan. Mengingat saat ini kita sudah memasuki minggu ketiga pelaksanaan PPKM mikro tingkat RT/RW Pulau Jawa dan Bali," ujar Wiku memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (25/2). 

Data per 21 Februari 2021, secara persentase angka kematian mingguan menurun sebesar 5,43 persen. Terdapat 5 provinsi luar Jawa dengan kenaikan angka kematian tertinggi. Di antaranya Sumatera Utara naik 8 persen, Sulawesi Selatan naik 6 persen, Riau naik 5 persen, Kepulauan Riau dan Kalimantan Tengah naik 4 persen. 

Pada perkembangan kesembuhan mingguan, tercatat penambahan sebesar 12,5 persen. Namun kenaikan tersebut dinilai belum sesuai yang diharapkan, karena angkanya lebih rendah dari minggu-minggu sebelumnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement