Studi: Vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech 94% Efektif

Arofatin Maulina Ulfa
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
27 Februari 2021, 14:30
Seorang warga memperlihatkan botol kecil vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 di sebuah gudang di Guadalajara, Spanyol, Sabtu (26/12/2020), sehari sebelum negara tersebut memulai program vaksinasi.
ANTARA FOTO/REUTERS/Jose Maria Cuadrado/Pool /aww/cf
Seorang warga memperlihatkan botol kecil vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 di sebuah gudang di Guadalajara, Spanyol, Sabtu (26/12/2020), sehari sebelum negara tersebut memulai program vaksinasi.

Studi independen terbesar pertama tentang vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech memberi harapan baru untuk mengakhiri pandemi dan memulihkan kembali kondisi ekonomi. Studi tersebut dilakukan terhadap 1,2 juta orang di Israel, yang telah divaksin Pfizer selama dua bulan terakhir.

Studi itu menemukan bahwa dua dosis vaksin dapat mengurangi kasus gejala Covid-19 sebesar 94% di semua kelompok umur dan meringankan kondisi penyakit parah akibat Covid-19 sebesar 92%. Penelitian tersebut telah dipublikasikan New England Journal of Medicine (NEJM).

Advertisement

“Studi yang dilakukan untuk melihat dampak vaksinasi massal nasional menunjukkan bahwa vaksin efektif bekerja pada gejala Covid-19 secara luas, sebuah temuan yang konsisten melalui uji coba acak,” kata penelitian tersebut.

Saat ini, perusahaan vaksin, termasuk Pfizer, tengah melakukan pengembangan  vaksin baru tahap awal atau kemungkinan untuk mengubah komposisi vaksin yang sekarang untuk memastikan efektif bekerja terhadap varian baru virus Corona. Hal ini dilakukan karena dalam studi NEJM tidak dapat menjelaskan seberapa baik vaksin bekerja dalam melawan varian virus Covid-19 yang berasal dari Afrika Selatan.

Untuk itu, Pfizer telah mengumumkan strategi tambahan dengan akan melakukan uji suntikan penguat dari vaksin yang sekarang. Orang yang telah menerima vaksin dua dosis pada tahap percobaan paling awal dalam rentang waktu enam hingga 12 bulan lalu, akan ditawarkan dosis lain untuk melihat apakah antibodi yang mereka hasilkan cukup untuk menetralkan varian tersebut.

Masih Perlu Diteliti Lebih Lanjut

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement