Hati-hati, Penggunaan Tali Strap Justru Membuat Masker Tidak Higienis

Hindari penggunaan tali strap pada masker untuk memaksimalkan efektifitas masker.
Image title
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
28 Februari 2021, 09:30
SEKOLAH DI JAMBI MULAI BELAJAR TATAP MUKA
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/wsj.

Tali strap masker merupakan pilihan fashion baru di tengah pandemi Covid-19.  Tali strap jenis ini dirasakan cukup praktis dalam membantu pemakaian masker. Hal ini karena masker tidak dikhawatirkan akan terjatuh ketika hendak dilepas.

Namun, penggunaan jenis tali ini ternyata tidak sesuai standar kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Hal ini dijelaskan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (25/2)

Ia menilai pemakaian masker dengan tali strap dapat mengurangi higienitas karena masker pada sisi dalam sudah terkontaminasi droplet saat berbicara, batuk, ataupun udara dari helaan nafas yang kotor. Hal ini berpotensi mendorong terjadinya penularan pada orang sekitar. Di samping itu, masker yang dibiarkan tergantung tanpa terlindung juga berpotensi terpapar virus Corona.

"Kedua hal ini dapat menjadi sumber infeksi bagi orang sekitarnya, maupun terpapar droplet dan aerosol dari lingkungan, dan dapat terhirup dan menjadi sumber infkesi bagi pemakainya," kata Wiku.

Menurut Wiku, jika ingin melepas masker sementara, sebaiknya menyimpan masker ke tempat yang steril seperti di kantong berbahan kertas atau lainnya yang aman. Lebih lanjut, ia mengimbau masyarakat untuk mampu menjaga higienitas masker demi mencegah terjadinya penularan virus.

"Pada prinsipnya kita harus menjaga higienitas tangan kita saat hendak menggunakan maupun melepaskan masker. Pastikan bahwa masker ini menutupi hidung dan mulut dengan sempurna,"ucapnya.

Adapun Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberikan panduan dalam pemakaian masker medis. Pertama, mencuci tangan sebelum menggunakan masker. Selanjutnya periksa apakah ada sobekan atau lubang pada masker. Untuk penggunaan, temukan sisi atas, tempat potongan logam atau tepian yang kaku berada dan pastikan sisi berwarna masker berada di luar. Lalu letakkan bagian yang terdapat logam atau ujung yang kaku hingga di atas hidung.

Selanjutnya, tutupi area mulut, hidung, dan dagu dan sesuaikan masker tanpa meninggalkan celah di bagian samping wajah. Jangan lupa untuk membersihkan tangan sebelum melepas masker. Lepaskan masker dari belakang telinga atau kepala dan jauhkan permukaan masker dari hadapan saat melepasnya. Terakhir, buang segera masker ke tempat sampah yang tertutup dan kembali cuci tangan setelah membuang masker bekas pakai.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait