Kecerdasan Sosial, Kunci Masyarakat Hadapi Pandemi

Hanna Farah Vania
28 Februari 2021, 11:56
Kunci Hadapi Covid-19, Kasus Covid-19
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Kecerdasan sosial menjadi poin penting yang membuat masyarakat memahami pandemi.

Sejak merebak di Indonesia awal Maret 2020 lalu, pandemi Covid-19 masih menjadi permasalahan di Indonesia hingga saat ini. Per 27 Februari 2021, pasien positif Covid-19 bertambah 6.208 orang. Total kasus mencapai 1.329.074 dengan 1.136.054 pasien dinyatakan sembuh dan 35.981 orang meninggal dunia. Sementara, orang dalam pemantauan (ODP) tercatat mencapai 55.495 orang.

Advertisement

Meski telah hampir setahun dilanda pandemi, masyarakat Indonesia masih memiliki beragam reaksi akan adanya Covid-19. Secara umum terdapat orang yang merasa takut, waspada dengan mematuhi anjuran pemerintah. Namun, tak sedikit yang masih abai dan egois.

Menurut analisis yang dilakukan oleh tim Pandemic Talks, akun Instagram yang mengompilasi dan menyajikan data resmi soal pandemi, pandemi mempengaruhi setiap orang dengan cara berbeda-beda.

Hal itu dipengaruhi dengan kelas sosial ekonomi, tingkat pendidikan, hingga profesi. Maka dari itu, respon setiap orang, perilaku, hingga cara berpikir akan pandemi berbeda-beda.

Pandemic Talks membagi beberapa kelompok orang seperti masyarakat kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah. Berdasarkan penelaahan Pandemic Talks, masyarakat kelas atas cenderung tidak terpengaruh pada sektor ekonomi. Namun, masih terdapat kesulitan seperti penyesuaian aktivitas hidup hingga kelelahan akan pandemi (pandemic fatigue).

Masyarakat yang tergolong dalam kelas ini cenderung mendapat akses informasi lebih baik, memiliki perawatan medis dan dana atau asuransi kesehatan yang terjamin, hingga memiliki kemampuan dan akses untuk bekerja dari rumah.

Di sisi lain, terdapat masyarakat kelas menengah yang juga memiliki beberapa kesulitan seperti adanya risiko pemutusan hubungan kerja (PHK), memiliki keuangan yang terbatas bahkan untuk keperluan pemeriksaan Covid-19, menghadapi risiko tertular klaster kantor, hingga persoalan rumah tangga seperti kesulitan mengurus sekolah daring anak.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement