Peran Orangtua Menjaga Kesehatan Mental Anak Muda Selama Pandemi

Hanna Farah Vania
28 Februari 2021, 19:30
PPKM MIKRO DIPERPANJANG
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.

Pandemi Covid-19 berlangsung nyaris satu tahun. Sejumlah perubahan perilaku terjadi di masyakarakat, termasuk beraktivitas. Belum lagi informasi tentang penambahan kasus positif hingga kabar duka yang tak henti-hentinya. Semua itu jelas berdampak buruk bagi fisik dan jiwa semua orang.

Tak terkecuali, remaja  yang rentan menghadapi pandemi. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebutkan bahwa anak muda berumur 18 – 24 tahun masih termasuk ke dalam tahap perkembangan. Apa yang mereka alami memberi konsekuensi jangka panjang bagi masa depan mereka. Sehingga, persoalan pandemi pun tetap berdampak bagi mereka.

Advertisement

Menurut Pemerhati Kesehatan Jiwa Anak UNICEF Ali Aulia Ramly, adanya pembatasan sosial memunculkan rasa takut yang berlebihan pada anak dan remaja karena banyaknya informasi yang diterima terkait pandemi. Tak hanya itu, rasa bosan juga menjadi salah satu faktor.

“Tentu saja kebosanan terjadi ketika mereka harus berada di rumah dengan waktu yang sangat lama. Tidak bisa bertemu teman-temannya ini merupakan sejumlah dampak yang wajar dan banyak terjadi pada anak,” kata Aulia saat berdialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Senin (20/7/20).

Namun, tak sebatas rasa bosan, ternyata persoalan yang dihadapi anak muda lebih kompleks. Menurut CDC, adanya pembatasan secara fisik dan sosial membuat pola hidupnya berubah. Hal ini membuat mereka harus mengubah rencana hidupnya, mulai dari kegiatan di kampus hingga mencari pekerjaan.

Bagi yang masih berkuliah, perlu banyak adaptasi untuk tetap memiliki performa yang baik dalam perkuliahan. Pandemi juga berdampak bagi yang sudah lulus dan sedang mencari pekerjaan karena mengalami kesulitan dalam mendapat pekerjaan.

 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement