Berteriak, Cara Baru Tes Covid-19 yang Tengah Dikembangkan di Belanda

Image title
6 Maret 2021, 23:10
Tes Covid-19, Virus Covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Petugas kesehatan mengambil sampel usap (swab) dari warga untuk diuji.

Tes Covid-19 biasanya dilakukan melalui hidung atau saluran pernapasan atau dari kerongkongan. Dua cara tersebut, bagi sebagian orang, sangat tidak nyaman. Kemudian muncul sejumlah metode baru dalam melakukan tes, seperti dari urine, tes air liur dan kini yang terbaru adalah berteriak.

Penemu asal Belanda Peter van Wees telah mengembangkan cara baru untuk menganalisis partikel dari napas seseorang untuk mencari tanda-tanda terdapatnya virus Corona.

Namun, agar bisa mendapatkan partikel yang cukup untuk mendeteksi virus, orang yang dites harus berteriak atau bernyanyi yang dilakukan di ruangan tertutup. Di dalam ruangan tertutup tersebut terdapat penyaring udara yang akan mengumpulkan partikel dari orang yang berteriak atau bernyanyi tadi untuk dianalisis.

"Apabila Anda terpapar virus Covid-19, maka berteriak akan menyebarkan puluhan ribu parrtikel yang berisi virus tersebut,” kata Van Wees seperti dilansir dari Reuters, Jumat (4/3).

Van Wees sudah mulai melakukan tes Covid-19 dengan cara berteriak di bandara di Amsterdam. “Ruangan” untuk berteriak itu kemudian digunakan kepada orang-orang yang tertarik melakukan tes Covid-19 dengan cara baru ini.

“Selalu menyenangkan untuk bisa berteriak, apalagia ketika tidak ada yang bisa mendengarkan teriakan Anda,” kata Soraya Assoud (25 tahun) yang perlu hasil tes negatif agar bisa terbang ke Spanyol.

Untuk mengetahui seseorang negatif atau positif dari tes berteriak ini memerlukan waktu sekitar tiga menit. Van Wees menambahkan, banyak partikel kecil dari baju orang yang dites yang tercampur dengan partikel yang keluar dari mulut mereka. Namun, hal itu tidak menghambat proses pencarian partikel kecil yang terpapar Covid-19.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...