Vaksin AstraZeneca, Upaya Akselerasi Herd Immunity

Arofatin Maulina Ulfa
13 Maret 2021, 11:15
Petugas kesehatan memasukan vaksin COVID-19 ke jarum untuk disuntikkan kepada pedagang pasar tradisional cinde di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (3/3/2021). Sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19 dan memulihkan perekonomian di pasar tradisional, Pem
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.

Indonesia mendatangkan vaksin Covid-19 AstraZeneca sebanyak 1,1 juta dosis. Pada batch pertama, Indonesia akan menerima sebanyak 11,7 juta vaksin sehingga pengiriman akan terus berlangsung hingga Mei 2021 mendatang. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, mengatakan kehadiran vaksin ini berkat adanya kerjasama kementerian dan lembaga terkait, serta berbagai pihak internasional yakni negara donor, Aliansi Vaksin GAVI, Badan Kesehatan Dunia WHO, UNICEF, Koalisi untuk Inovasi dan Kesiapsiagaan Pandemi CEPI serta pihak terkait lainnya. 

Advertisement

"Masuknya vaksin AstraZeneca merupakan upaya pemerintah untuk memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 di Indonesia, dan dapat mengakselerasi program vaksinasi nasional, dalam menciptakan kekebalan komunitas atau herd immunity ," ujar Wiku memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (9/3).

Pemerintah juga memastikan bahwa vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat secara aman dan halal. Hal ini karena proses pengadaannya dilakukan melalui skema kerjasama antara pemerintah dan pemerintah antar negara atau government to government (G to G) dan melalui skema kerjasama multilateral. 

Sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan sertifikat Emergency Use of Authorization (EUA). Menurut Kepala BPOM, Penny Lukito, dalam konferensi pers digital di Jakarta, Selasa (9/3), sejumlah negara sudah memberikan izin penggunaan darurat ke AstraZeneca termasuk Korea Selatan dan Uni Eropa. BPOM juga telah mengevaluasi vaksin dengan melibatkan berbagai ahli.

"Vaksin AstraZeneca merangsang pembentukan antibodi pada orang dewasa berusia 18 tahun hingga 60 tahun, meningkat 32 kali. Pada lansia meningkat 21 kali," kata Penny. "Efikasi vaksin AstraZeneca 62,1% sesuai dengan WHO minimal 50%," ucapnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement