Tips Aman Wisata Alam Selama Pandemi

Hanna Farah Vania
27 Maret 2021, 14:52
berwisata aman, wisata selama pandemi
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/rwa.
Pengunjung berswafoto di Bukit Curahem, Desa Sukanegara, Lebak, Banten, Rabu (30/12/2020). Daerah dataran tinggi tersebut dikembangkan menjadi tempat wisata dengan menawarkan pemandangan keindahan alam yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat guna meningkatkan perekonomian warga.

Pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan masyarakat menghabiskan waktu luang. Untuk menghindari transmisi virus, masyarakat tetap harus melakukan pembatasan sosial hingga saat ini. Hal ini menyebabkan munculnya tren baru masyarakat menikmati waktu senggangnya. 

Diskusi kelompok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan pakar dan ahli di bidang wisata telah memprediksi tren beraktivitas di wisata alam  meningkat selama pandemi. Koordinator Pemasaran Pariwisata Regional I Area I Kemenpar Taufik Nurhidayat juga mengatakan hal serupa.

Advertisement

Selain wisata alam, staycation atau berlibur hanya di hotel dan workation atau bekerja di hotel menjadi pilihan bagi masyarakat. Taufik juga mengatakan bahwa perjalanan darat diminati oleh keluarga saat ini. 

 “Selain tren staycation, nanti travelling di alam seperti adventure, menunjungi geo site, healing teraphy, dan outdoor activities juga diprediksi menjadi tren mendatang,” ujar Taufik seperti dikutip dari Antara, Sabtu, (27/03).

Pola perjalanan ke depannya akan berubah. Masyarakat cenderung menghindari menghabiskan waktu bergerombol, sehingga perjalanan individu menjadi pilihan. 

Melihat pola kebiasaan melancong yang baru, Taufik berharap pelaku usaha di sektor pariwisata dapat menyesuaikannya. Tentunya deengan memperhatikan dan memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat.

Berwisata Aman di Alam

Untuk tetap aman menikmati waktu senggang dengan berlibur di alam, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat memberikan berbagai panduan. Sebelumnya, masyarakat perlu memahami beberapa hal penting, antara lain jika memang ingin berekreasi di wisata alam, masyarakat harus memilih lokasi yang dekat dari rumah.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement