Presdir IBM Indonesia: Perempuan Harus Fokus pada Tujuan Agar Berdaya

Dini Hariyanti
8 Maret 2022, 20:03
WLF_Special Interview Cin Cin Go IBM
Katadata

 

Setiap individu akan mengalami beragam dinamika sehari-hari. Ada hal-hal yang dapat kita labeli sebagai pencapaian atau mungkin kegagalan. Oleh karena itu, manusia memerlukan kemampuan instrospeksi selain mengkritisi penyebab kegagalan dari luar diri.

Hal itu adalah penjelasan terkait konsep “faktor pertumbuhan diri” yang dipaparkan President Director and Technology Leader IBM Indonesia Cin Cin Go. Ini dikemukakannya dalam sesi wawancara khusus dalam Women Leaders Forum 2022 digagas Katadata Perempuan.

 “Perempuan di Indonesia harus memiliki growth mindset untuk memacu perbaikan diri. Ada dua faktor pertumbuhan, yaitu faktor diri atau internal dan faktor eksternal,” katanya, Selasa (8/3/2022).

Mengutip laman resmi Alodokter dijelaskan, introspeksi adalah cara seseorang untuk melihat dirinya atau merenungkan pikiran, emosi, dan ingatan. Kemampuan ini hanya contoh. Lebih jauh, bahwa sesuatu yang datang dari dalam diri perlu terus diasah agar semakin banyak individu yang memilikinya terutama perempuan.

Faktor eksternal dalam pertumbuhan diri adalah sesuatu yang berada di luar kendali. Dengan kata lain, Cin Cin hendak mengingatkan supaya sebagai perempuan, kita lebih fokus membangun kapasitas internal, alih-alih hanya memusingkan apa yang ada di luar kontrol.

Cin Cin yang kini menduduki jabatan tinggi di IBM Indonesia terus menegaskan pentingnya memiliki growth mindset. Pola pikir “bertumbuh” bisa dimaknai sebagai cara berpikir yang memahami bahwa kemampuan diri dapat berkembang berbekal kerja keras dan konsistensi.

“Perempuan Indonesia yang berkiprah di bidang apapun harus punya growth mindset ini. Karena ini pola pikir yang memacu perbaikan diri kita. Ini membuat perempuan tidak hanya berdiam diri dan menerima melainkan terus belajar tentang banyak hal baru,” ucap Cin Cin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...