Stan Lee, Legenda di Balik Superhero Marvel

Image title
13 November 2018, 19:27

Mantan Direktur Editorial dan Penerbit Marvel Stan Lee, telah melalui jalan panjang sebelum tutup usia pada 12 November 2018. Pria yang meninggal di usia 95 tahun ini banyak menelurkan tokoh superhero populer. Ia juga kerap menjadi cameo di lebih dari 40 film Marvel selama 1980-2018.

Awal karir lelaki kelahiran New York, Amerika serikat, ini dimulai pada 1939 sebagai asisten di Timely Comics atau yang sekarang dikenal dengan Marvel Comics. Butuh satu dekade bagi Stan untuk naik menjadi editor. Kemudian pada 1960, ia bersama Jack Kirby meluncurkan komik Fantastic Four. Karyanya berlanjut dengan kemunculan Spiderman, Dr strage, X-Men dan superhero lainnya.

Tidak berhenti pada komik, Stan kemudian mengembangkan tokoh-tokoh imajinasinya ke dunia televisi dan perfilman yang menuai kesuksesan. Hasil kerja keras itu kemudian membawanya meraih penghargaaan Medal of Arts Honor dari Presiden Amerika Serikat George Bush pada 2011.

Kesuksesan karakter superhero rekaan Stan dapat terlihat dari kinerja Marvel Comis. Diamond Comic Distributor mencatat, Marvel Comics memiliki pangsa pasar retail terbesar pada 2017 yakni 36,36 persen. Tidak hanya itu, Marvel Cinematic Universe juga membukukan penghasilan lebih dari US$ 14 miliar per April 2018. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.