5 Orang Super Tajir Indonesia

Predikat orang terkaya masih dipegang oleh keluarga Hartono yang berkecimpung di bisnis perbankan dan rokok.
Image title
25 September 2018, 17:09

Kesuksesan film Hollywood, Crazy Rich Asians, membetot perhatian tentang kekayaan orang super tajir di kawasan Asia. Fenomena ini juga merembet ke Tanah Air yang kemudian ramai membahas “crazy rich” versi Indonesia.

Sampai dengan 2018, predikat orang terkaya masih dipegang kakak beradik dari keluarga  Hartono. Keduanya bergerak di bisnis perbankan dan rokok. Sang adik, Robert Budi Hartono, memiliki kekayaan mencapai US$ 17,4 miliar atau setara Rp 243,6 triliun. Sedangkan kakaknya, Michael Bambang Hartono, mempunyai kekayaan US$ 16,7 miliar.

Pada urutan ketiga ada Sri Pakash Lohia, pemilik Indorama Corporation, yang memiliki kekayaan sebesar US$ 7 miliar atau setara Rp 98 triliun. Fasilitas manufaktur yang berada di bawah naungan Indorama tersebar di berbagai kawasan Indonesia, Thailand, hingga Uzbekistan.

Selanjutnya pada urutan keempat dan kelima, berturut-turut ada Tahir dan Chairul Tanjung dengan jumlah kekayaan yang sama yakni US$ 3,5 miliar atau setara Rp 49 triliun. Kedua pengusaha ini memiliki jaringan bisnis yang cukup luas. Tahir merupakan pemilik dari Mayapada Group yang mencakup lini bisnis perbankan, layanan kesehatan dan properti. Sedangkan Chairul Tanjung memiliki CT Corp yang bekecimpung di bisnis perbankan, media, retail dan hotel.

Reporter: Widya Nandini
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.