Sayangi orang di Lingkaran Terdalammu

Teknologi memungkinkan kita bertemu secara virtual, menghindari kontak sosial yang bisa menularkan virus Covid-19.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
11 Oktober 2020, 13:15

Saat ini ancaman virus Covid-19 makin dekat dengan lingkaran terdalam (inner circle) penduduk DKI Jakarta. Inner circle merupakan lingkaran sosial paling dekat seorang manusia. Menurut Antropolog Inggris Robin Dunbar, manusia rerata memiliki 150 relasi dekatnya.

Berdasarkan perhitungan Pandemictalks, 1 dari 196 orang DKI Jakarta terpapar covid. Oleh karenanya, ini mengancam persebaran yang lebih cepat karena angkanya mendekati jumlah rerata relasi seseorang ketika jumlah penduduk yang terpapar semakin meningkat.

Untuk tetap saling jaga, kita dapat mencari cara lain untuk bersilahturahmi. Cara paling ampuh yakni menggunakan teknologi digital untuk bersua dan tolak pertemuan sosial yang tidak genting. Kegiatan menongkrong, arisan, dan olah raga bersama perlu dihindari saat ini. Dan yang terpenting, batasi jumlah lingkaran sosial untuk berinteraksi langsung selama pandemi.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan