Ilusi Rasa Aman dari Tingkat Kesembuhan Covid-19

Fokus penanganan pandemi Covid-19 bukan hanya pada tingkat kesembuhan, tapi antara lain perbanyak testing dan tracing.
Image title
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
13 Oktober 2020, 19:52

 Pandangan yang cenderung menomorsatukan tingkat kesembuhan Covid-19 dinilai sebagai sikap optimitis yang salah kaprah. Pasalnya, fokus utama penanganan pandemi Covid-19 bukan hanya pada tingkat kesembuhan.

Setidaknya ada tiga fokus utama penanganan pandemi antara lain memperbanyak testing dan tracing, menghentikan penyebaran virus, dan menimalisir tingkat kematian. Terlalu mengagungkan tingkat kesembuhan tidaklah menyelesaikan masalah utama ini, yaitu testing dan tracing yang tidak memadai, penyebaran virus yang kian meluas, serta terus meningkatnya jumlah kematian.

Total kesembuhan Indonesia nomor 20 global yakni 228 ribu. Artinya, total kesembuhan Indonesia tidak semaksimal dibandingkan dengan total kesembuhan negara dengan kemampuan testing yang sama atau mirip. Sementara itu, tingkat kesembuhan Indonesia nomor 17 global sebesar 75,3 persen.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan