Wiku Adisasmito: Solusi Pengendalian Covid-19 Tidaklah Tunggal

Vaksin menjadi salah satunya, namun saat ini hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menegakkan protokol kesehatan.
Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
30 Oktober 2020, 13:30

Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan program vaksinasi Covid-19 sesegera mungkin. Namun melihat perkembangannya, proses vaksinasi belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Aspek keamanan vaksin masih perlu mendapat kepastian sebelum nantinya disuntikan ke masyarakat.

Oleh sebab itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito berulangkali menekankan pentingnya masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Mengingat vaksin hanyalah salah satu solusi. "Kita harus memahami solusi pengendalian Covid-19 tidaklah tunggal. Saat ini hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah menegakan protokol kesehatan, karena ini adalah upaya yang paling sederhana tapi berdampak sangat besar."

Pendapat Wiku ini pun didukung juga oleh beberapa epidemiolog. Penerapan protokol kesehatan secara disiplin dipercaya dapat memutus mata rantai penularan Covid-19.

Adapun gerakan 3M yang dikampanyekan lewat 'Ingat Pesan Ibu', terdiri dari imbauan untuk memakai masker, manjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan