Disiplin 3M Efektif Menekan Penularan Covid-19

Tiga aktivitas sederhana ini adalah kunci untuk menekan angka penularan Covid-19 di tengah masyarakat
Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
1 November 2020, 08:00

Pemerintah terus menggalakan kampanye 'Ingat Pesan Ibu' alias gerakan 3M. 3M adalah imbauan untuk memakai masker, manjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir.

Tiga aktivitas sederhana ini adalah kunci untuk menekan angka penularan Covid-19 di tengah masyarakat. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memaparkan setiap aktivitas berpotensi menurunkan risiko penulran cukup besar.

Pertama mencuci tangan dengan sabun, bisa menurunkan risiko penularan sebesar 35persen. Memakai masker kain berpotensi menurunkan risiko penularan 45 persen, sedangkan menggunakan masker bedah risiko penularan turun mencapai 70 persen.

Sedangkan yang paling penting, menjaga jarak minimal 1 meter bisa menekan angka risiko penularan sampai 85 persen. "Asalkan konsisten dan kolektif melakukan perubahan perilaku menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan dilakukan secara sungguh-sungguh," ujar Wiku

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan