Kerumunan Massa di Jakarta dan Mega Mendung Jadi Klaster Covid-19

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengimbau kesadaran masyarakat yang terlibat dengan kerumunan tersebut untuk melapor dan memeriksakan diri ke Puskesmas
Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
21 November 2020, 16:30

BNPB mencatat terdapat 77 kasus positif Covid-19 di Petamburan dan Tebet, DKI Jakarta dan Mega Mendung, Bogor. Klaster-klaster ini diduga datang dari kerumunan massa beberapa waktu lalu.

Dari 15 swab test di wilayah Petamburan, tujuh orang dinyatakan positif Covid-19. Sementara di Mega Mendung dari pemeriksaan 559 orang, teradapat 20 orang positif. Laporan lain menyebut terdapat 50 kasus positif Covid-19 lainnya yang mayoritas berdomisili di sekitar Tebet.

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengimbau kesadaran masyarakat yang terlibat dengan kerumunan tersebut untuk melapor dan memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

"Khususnya juga para Ketua RT dan Ketua RW untuk menyampaikan pesan kepada keluarga-keluarga yang kemarin ikut beraktivitas, mulai dari penjembutan di Bandara Soekarno Hatta, kegiatan Maulid Nabi di Tebet, dan juga di Mega Mendung, serta acara terakhir di Petamburan mohon dengan kesadaran sendiri untuk melaporkan diri kepada Ketua RT dan Ketua RW. Lalu dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke Puskesmas" katanya.

BNPB juga bergerak cepat dengan menyalurkan 2.500 antigen swab ke seluruh Puskesmas yang berada di daerah-daerah yang berpotensi terjadi peningkatan kasus di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan