Waspada, Covid-19 Masih Ada

Corona masih ada, bahkan tren peningkatannya justru signifikan yang terlihat dari keterisian kapasitas tempat tidur di berbagai daerah.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
26 November 2020, 13:12

Pada penghujung November, tren peningkatan signifikan keterisian kapasitas tempat tidur terjadi di berbagai daerah. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menilai ini perlu menjadi perhatian lebih. Ini terjadi tak hanya di provinsi DKI Jakarta. Kapasitas tempat tidur ICU di Banten sudah terisi 97 persen atau mencapai 115 ruangan.

Sedangkan Jawa Barat, ICU terisi 73,45 persen dan tempat tidur isolasi 69,62 persen. Lalu Jawa Tengah sudah terisi 80 persen di ICU dan 77,45 persen pada tempat tidur isolasi. Dan Jawa Timur terisi 54,86 pada ICU dan 57,43 persen tempat isolasi. 

Kenaikan okupansi kapasitas RS juga berdampak pada tenaga kerja kesehatan. Mengutip dari Pandemic Talks, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengeluarkan data bahwa 85 persen tenaga kesehatan Indonesia mengalami sindrom kelelahan (burnout) dan depresi akibat menangani Covid-19.

"Berkaca dari situasi ini, maka hal ini menunjukkan masih tingginya penularan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, saya meminta masyarakat untuk terus secara disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan kapanpun, dimanapun dalam setiap aktivitas yang dilakukan, jangan sampai lengah," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan