Lindungi Lansia dari Covid-19

Angka kematian orang lanjut usia (lansia) akibat Covid-19 tertinggi. Mereka perlu dilinduingi dan menjaga diri.
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Riset dan Publikasi
28 November 2020, 13:30

Orang lanjut usia (lansia) lebih rentan terhadap penularan Covid-19. Lansia berusia lebih dari 80 tahun memiliki tingkat kematian tertinggi akibat Covid-19 sebesar 14,8 persen. Sementara lansia berusia 70-79 tahun dan 60-69 tahun memiliki tingkat kematian lebih rendah masing-masing yaitu 8 persen dan 3,6 persen. Tingginya kematian Covid-19 pada lansia dibanding kategori umur lainnya disebabkan oleh menurunnya sistem imun seiring dengan bertambahnya usia.

Agar terhindar dari penularan Covid-19, para lansia perlu meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan dan gaya hidup sehat. Adapun tips untuk melindungi lansia dari Covid-19 yaitu teratur mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun, menggunakan masker bila sedang sakit, dan menghindari kontak dengan orang yang sakit.

Selain itu, para lansia perlu mengunjungi dokter untuk kontrol kesehatan serta teratur dan meminum obat secara rutin untuk penyakit yang diderita. Para lansia juga perlu menghindari tempat yang ramai seperti pusat perbelanjaan atau transportasi umum guna menekan penularan Covid-19. 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan