Lindungi Kelompok Rentan dari Covid-19

Angka kematian kelompok rentan mencapai 85%. Perlu usaha bersama untuk melindungi mereka.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
4 Desember 2020, 19:00

Pandemi Covid-19 menjadi momok bagi kelompok rentan. Kelompok rentan adalah orang lanjut usia (60 tahun ke atas) dan yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan persentase kematiannya tertinggi.

Angka kematiannya mencapai 85 persen. "Covid-19 ibarat malaikat pencabut nyawa bagi kelompok rentan karena korban jiwanya telah mencapai jutaan orang," ujarnya pada Peluncuran Pedoman Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan 3M Dalam 77 Bahasa Daerah, Selasa (1/12).

Terdapat beberapa penyakit bawaan yang sangat rentan terhadap virus Corona, salah satunya adalah hipertensi. Doni mengatakan bahwa sudah terdapat 16.945 kasus kematian kelompok rentan di Indonesia. Oleh karena itu, perlu penjagaan ketat agar orang tersayang di sekitar dapat terhindar dari Covid-19.

Upaya yang perlu dilakukan adalah terus menerapkan protokol 3M di manapun. Yaitu tetap memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer selama 20 detik dan menjaga jarak juga menghindari kerumpunan. Tidak lupa juga selalu mengingat protokol VDJ (ventilasi, durasi, dan jarak) dengan menghindari berkerumun di ruangan tertutup dalam durasi yang lama.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan