Makan dan Ngopi Akhir Pekan di Rumah Saja

Restoran dan kedai menjadi lokasi yang tidak patuh protokol 3M. Kemungkinan penularan tinggi. Jadi, lebih baik nikmati akhir pekan di rumah saja.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
17 Januari 2021, 08:00

Banyak orang yang menghabiskan waktu akhir pekan menyantap hidangan di restoran atau nongkrong di kedai. Namun, ketika makan di luar rumah, sering kali masyarakat masih belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Hasil perhitungan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang bertajuk “Monitoring Kepatuhan Protokol Kesehatan di 34 Provinsi Indonesia” menunjukkan bahwa restoran dan kedai menjadi lokasi yang tidak patuh akan protokol 3M

Lokasi ini memiliki tingkat ketidakpatuhan memakai masker tertinggi, angkanya bahkan mencapai 28,7 persen. Selain itu, restoran atau kedai juga menjadi lokasi tingkat ketidakpatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan tertinggi kedua sebesar 16,2 persen. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena pelanggan di restoran atau kedai harus membuka maskernya ketika sedang makan dan minum.

Maka dari itu, masyarakat harus tetap mematuhi protokol 3M dan memperhatikan protokol VDJ (ventilasi, durasi, dan jarak) dengan menghindari kerumunan pada durasi yang lama dengan sirkulasi udara yang buruk. Akan lebih baik lagi jika masyarakat menghabiskan waktu di akhir pekan hanya di rumah. Ketika di rumah, akan banyak kegiatan berkualitas yang dapat dilakukan saat menikmati akhir pekan. Salah satunya adalah menghabiskan waktu bersama keluarga dengan memasak bersama

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan