Wajib Protokol VDJ

Terapkan protokol VDJ (ventilasi, durasi, jarak) jika terpaksa harus bertatap muka.
Image title
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
24 Januari 2021, 09:05

Pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia. Meskipun vaksin telah tersedia, masyarakat dihimbau untuk menghindari bertemu orang lain untuk mencegah penyebaran virus. Namun, aktivitas ekonomi terkadang mengharuskan untuk tetap bertemu dengan orang lain. Maka dari itu, mematuhi protokol kesehatan masih sangat penting dengan menerapkan protokol VDJ (ventilasi, durasi, jarak).

Menjaga ventilasi udara tetap terbuka dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. Ruangan yang memiliki siklus udara tertutup lebih rentan terhadap penularan Covid-19 karena droplet yang disebarkan orang yang terinfeksi akan menyebar di dalam ruangan. 

Selanjutnya, memperpendek durasi bertemu dengan orang lain juga akan memperpendek risiko tertular Covid-19. Mengutip The New York Times, hasil penelitian menunjukkan jumlah virus yang dilepaskan saat berbicara selama 5 menit setara dengan satu kali batuk atau bersin.

Terakhir, penerapan physical distancing dan social distancing menjadi penting untuk mencegah penularan virus Corona. Ketika tak menjaga jarak, droplet mengandung virus pada orang terinfeksi akan menyembur sejauh 1-2 meter di sekitar kita. Adapun jarak minimal yang aman adalah 1,6 hingga 3 meter. Semakin besar jaraknya akan memperkecil risiko penyebaran virus.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan