Donor Plasma Konvalesen Selamatkan Pasien Covid-19

Donor plasma merupakan upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pada pasien Covid-19
Image title
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
28 Januari 2021, 11:16

Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin mencanangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen secara resmi pada tanggal 18 Januari 2021. Adapun jenis transfusi ini merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 bergejala berat dan kritis.

Donor plasma merupakan upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pada pasien Covid-19. Untuk itu, dibutuhkan kerja sama dan rasa solidaritas tinggi dari masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya tersebut. Terutama bagi pasien yang telah sembuh.

Palang Merah Indonesia (PMI) menyatakan siap melayani para pendonor plasma di berbagai daerah.  PMI telah menyiapkan 31 Unit Donor Darah (UDD) yang mempunyai peralatan untuk mengelola plasma ini dan telah tersebar di seluruh Inonesia. Gerakan ini diharapkan sebagai upaya mengakhiri pandemi dengan mendorong para penyintas Covid-19 yang memenuhi persayaratan untuk siap sedia dan secara sukarela menjadi pendonor plasma konvalesen.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan