Nakes Covid-19 Butuh Dukungan Kesehatan Jiwa

Kondisi nakes yang bekerja intens melayanai pasien Covid-19 rentan mengalami kelelahan fisik dan mental. Penting memberikan dukungan mental bagi mereka.
Image title
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
14 Februari 2021, 07:18

Petugas kesehatan bekerja intens untuk melayani dan menangani pasien Covid-19. Mereka beraktivitas 24 jam, berhadapan langsung dengan virus corona. Seperangkat Alat Pelindung Diri (APD) selalu melekat pada tubuh, bahkan para nakes terpaksa harus menahan haus hingga keinginan buang air.

Kondisi yang ada rentan membuat petugas kesehatan kelelahan secara fisik maupun mental. Pasalnya, mereka banyak mengorbankan waktu, energi, pikiran, dan tentunya tenaga. Aktivitas mereka menjadi lebih terbatas, bahkan sulit untuk menemui keluarganya demi menjaga risiko penularan.

Oleh karena itu, jajaran manajemen Fasilitas Pelayanan Kesehatan perlu melakukan penguatan bagi nakes maupun jajaran staf dan manajemen. Ini bertujuan untuk memberikan rasa aman serta dukungan emosional sehingga potensi tekanan mental petugas kesehatan bisa diminimalisir.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan