Keamanan Dijamin, Masyarakat Bersedia Vaksinasi Covid-19

Hasil Survei Katadata Insight Center memperlihatkan 54 persen responden bersedia divaksinasi. Lalu, jika dipastikan aman, angka responden bersedia divaksinasi mencapai 79,6 persen.
Image title
Oleh Alfons Yoshio
14 Maret 2021, 09:15

Program vaksinasi massal Covid-19 masih berjalan. Masyarakat diharapkan berpartisipasi agar terbentuk kekebalan kelompok. Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) terhadap 5.341 orang memperlihatkan, 54 persen responden menyatakan bersedia menerima vaksin.

Sementara itu dari sekitar 46 persen sisanya (baik yang menolak maupun belum memutuskan), menyatakan faktor efek samping dan keraguan keamanan menjadi dua alasan utama belum bersedia menerima vaksin.

Alasan lain dari masyarakat yang belum mau divaksinasi yaitu ragu efektifitasnya (25,8 persen), takut menjadi kelinci percobaan (23,6 persen), dan yakin ada alternatif lain dalam menghentikan penyebaran Covid-19 (22,9 persen). Selain itu ada pertimbangan kepercayaan/agama (11,7 persen), tidak percaya vaksin (5,6 persen), tidak percaya Covid-19 berbahaya (5,4 persen), dan alas an lainnya (3,4 persen).

 

Jika vaksin bisa dipastikan keamanannya, angka responden yang menyatakan bersedia menerima vaksin naik drastis sampai 79,6 persen. Di sisi lain, hanya tersisa sekitar 5,3 persen masyarakat yang masih menolaknya.

Hasil survei selengkapnya bisa dibaca di sini. 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan