Menggali Keindahan Pulau Jawa Laksana Sultan Bersama BMW X7

Memaksimalkan kemewahan BMW X7 dalam perjalanan Jelajah Jalan Raya Pos (Jalan Daendels) Katadata, menikmati keindahan pulau jawa laksana seorang Sultan.
Image title
23 Agustus 2021, 08:01
BMW XL7 The President
Katadata
Menggali Keindahan Pulau Jawa Laksana Sultan Bersama BMW X7

Melakukan perjalanan bisnis dengan menggunakan BMW X7 memberikan sensasi tersendiri terutama bagi tim Jelajah Jalan Raya Pos Katadata. Menempuh jarak lebih dari 1.000 km, memberikan pengalaman tidak terlupakan ditemani SUV paling mewah BMW.

Sepanjang perjalanan ekspedisi, rasa nyaman benar-benar mendominasi suasana, boleh dibilang tidak terasa melelahkan berkendara bersama kendaraan berjuluk The President. Fitur-fitur yang ditawarkan pada kendaraan berbodi besar ini membuat seluruh penumpang bisa menikmati perjalanan secara maksimal.

BMW yang menyebut kendaraan-kendaraan tangguhnya sebagai SAV (Sport Activity Vehicle) tahu betul bagaimana memanjakan konsumen di dalam kabin. Terlebih X7 seperti disebutkan di atas merupakan kasta tertinggi dari model X.

Fitur Premium BMW X7 yang Mendukung Kenyamanan Berkendara

Perjalanan sendiri dimulai dari Tol Japek Elevated yang cukup menantang khususnya bagi sektor kaki-kaki pada kendaraan. Ini dikarenakan gap sambungan jalan yang renggang dan konturnya tidak begitu mulus. Namun handicap di awal perjalanan ini mampu diredam dengan mudah oleh BMW X7.

Berbekal suspensi udara Adaptive 2-axle yang juga dilengkapi dengan automatic self-leveling, perjalanan dirasakan tetap menyenangkan dan nyaman. Kombinasi ini diperkuat oleh duet velg 21 inch bergaya agresif dan sporti dengan balutan ban Contiental Premium Contact berukuran 285/45.

Memasuki Tol Cipali yang lalu lintasnya cukup padat, tentu membuat atmosfer berkendara menjadi sedikit berubah, kecepatan kendaraan tidak bisa dimaksimalkan seperti sebelumnya. Manuver ringan seperti melewati kendaraan di depan kadang dilakukan, namun selebihnya BMW X7 terus berada di jalurnya. Terasa membosankan, dengan kondisi ini pengemudi rentan hilang konsentrasi.

Namun adanya fitur Lane Keeping Assistant yang juga bisa mengintervensi pengemudi, dirasakan membantu agar kendaraan tetap pada lajurnya. Fitur ini sangat membantu pengemudi tetap konsentrasi pada jalanan, diharapkan bisa meminimalisir kecelakaan. Fitur ini juga menjaga pengemudi untuk disiplin saat ingin bermanuver berpindah lajur.

Kemampuan dari BMW X7 yang juga menarik untuk dimaksimalkan pada kondisi di atas adalah Active Cruise Control with Stop and Go Functions. Fitur semi autonomous driving ini memungkinkan pengemudi mengikuti irama kendaraan di depannya termasuk akselerasi dan berhenti secara penuh.

BMW X7 sendiri masih memiliki segudang fitur terbaik untuk mendukung pengemudi dalam berkendara terutama berkaitan dengan sistem keselamatan aktif maupun pasif. Di antaranya adalah Frontal Colision Warning with brake intervention, Active Blind Spot Detection, Rear Cross-Traffic Alert dan Daytime Pedestrian Protection, Parking Assistant Plus, Reversing Assistant, Surround (360) View for Panorama and 3D View. Lebih lanjut, BMW X7 juga dilengkapi enam buah airbags, Electric Stability Control, dan yang tidak kalah penting adalah Tire Pressure Monitoring.

Interior BMW X7
Interior BMW X7 (Katadata)

Untuk urusan hiburan sebagai teman dalam pejalanan, BMW X7 dipersenjatai dengan layar monitor berukuran 12.3 inch. Di dalamnya terdapat fitur konektivitas dengan smartphone pengguna, sehingga bisa memainkan lagu andalan sepanjang perjalanan. Sistem ini juga mendukung operasi Apple CarPlay dengan wireless function.

Adapun alunan musiknya sendiri dihadirkan oleh merek audio premium Harman Kardon buatan Negeri Paman Sam yang terkenal dengan kualitas jempolan. Tercatat terdapat 16 speaker, tersebar di dalam kabin sehingga menghasilkan alunan musik yang merdu.

Selama di dalam kabin, kenyamanan perjalanan juga didukung oleh ambiance light, kesannya seperti berada di sebuah pesawat terbang. Konsumen juga bisa memilih enam warna yang mendukung mood saat perjalanan berlangsung.

Yang menarik, beragam fitur-fitur pada BMW X7 tergolong mudah diakses alias user friendly. Semua terpusat pada layar monitor di dashboard X7 dan telah menggunakan sistem operasi BMW termutakhir yakni 7.0. Untuk mengoperasikannya, konsumen bisa memanfaatkan fitur gestur yang kini semakin banyak variasinya atau bisa juga menggunakan perintah suara atau Voice Assistant (Hey BMW).

Lebih jauh mengenai sektor kenyamanan, mobil ini dibekali 4 Zona climate control. Adapula wireless phone charging dan cupholder dengan fungsi memanaskan atau mendinginkan air.

Sebagai mobil papan atas yang memanjakan penumpangnya, tentu duduk di baris kedua memberikan pengalaman tersendiri. Dengan jok model captain seat, kenyamanan yang diberikan sangat maksimal, praktis sangat mudah untuk mendapatkan posisi duduk terbaik.

Tak hanya itu, tersaji dua monitor berukuran 10.2 inch di belakang kursi depan. Dengan ruang yang super nyaman, tak ayal disebut oleh BMW sebagai room of inspiration.

Untuk diketahui, secara dimensi, mobil dengan panjang keseluruhan 5.151 mm dan jarak sumbu roda mencapai 3.105 mm ini punya modal besar jika berbicara kenyamanan. Tak hanya memanjakan seluruh penumpang, SUV tiga baris ini juga siap untuk mengangkut barang dengan kapasitas bagasi yang terbilang lega.

Mesin BMW X7 yang Bertenaga

Selama perjalanan, kami disuguhkan performa luar biasa dari mesin 3.000 cc Twin Turbo V6 segaris. Jantung mekanis kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 340 hp dan torsi puncak 450 Nm mulai dari 1.500 – 5.000 rpm. Adapun tenaga besar yang dihasilkan mesin disalurkan secara merata melalui keempat rodanya melewati Steptronic Sport Transmission 8 Speed AWD X-Drive.

BMW X7
BMW X7 (Katadata)

Disebutkan akselerasi kendaraan ini dari diam hingga 100 km/jam bisa ditembuh hanya dalam waktu 6 detik. Mengingat dimensi mobil yang besar, catatan di atas menandakan bahwa tenaga dan respon BMW X7 tergolong memadai untuk digunakan di berbagai macam kondisi jalan

Memasuki Semarang dengan kondisi jalan yang mulai lengang, kami mencoba performa kendaraan namun tetap menggunakan mode berkendara comfort. Hal ini guna mendapatkan perasaan nyaman meskipun pedal gas dalam-dalam.

Tampilan Eksterior BMW X7 yang Gagah dan Maskulin

Saat sampai di Surabaya, kami langsung menyambangi hotel tempat menginap. Terlihat cukup banyak pasang mata yang mengagumi keindahan eksterior dari BMW X7. Kidney Grille khas manufaktur asal Jerman ini menjadi salah satu daya tariknya.

Ekterior BMW X7
Ekterior BMW X7 (Katadata)

Menariknya, grille X7 dilengkapi dengan fitur sensor-sensor untuk mendukung fungsi semi sistem autonomous yang dijelaskan sebelumnya. Lampu utama yang menggunakan teknologi laser juga tidak kalah menarik perhatian.

Dengan tampilannya yang gagah dan berwibawa, tentunya membuat hotel memberikan kami tempat spesial untuk parkir. Terlebih saat proses memarkirkan kendaraan, kami sangat terbantu fitur-fitur andalan mobil yang dibanderol Rp 2.6 miliar off-the road.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait