Menggali Keindahan Pulau Jawa Laksana Sultan Bersama BMW X7

Krisna Arie Prasetya
23 Agustus 2021, 08:01
BMW XL7 The President
Katadata
Menggali Keindahan Pulau Jawa Laksana Sultan Bersama BMW X7

Melakukan perjalanan bisnis dengan menggunakan BMW X7 memberikan sensasi tersendiri terutama bagi tim Jelajah Jalan Raya Pos Katadata. Menempuh jarak lebih dari 1.000 km, memberikan pengalaman tidak terlupakan ditemani SUV paling mewah BMW.

Sepanjang perjalanan ekspedisi, rasa nyaman benar-benar mendominasi suasana, boleh dibilang tidak terasa melelahkan berkendara bersama kendaraan berjuluk The President. Fitur-fitur yang ditawarkan pada kendaraan berbodi besar ini membuat seluruh penumpang bisa menikmati perjalanan secara maksimal.

BMW yang menyebut kendaraan-kendaraan tangguhnya sebagai SAV (Sport Activity Vehicle) tahu betul bagaimana memanjakan konsumen di dalam kabin. Terlebih X7 seperti disebutkan di atas merupakan kasta tertinggi dari model X.

Fitur Premium BMW X7 yang Mendukung Kenyamanan Berkendara

Perjalanan sendiri dimulai dari Tol Japek Elevated yang cukup menantang khususnya bagi sektor kaki-kaki pada kendaraan. Ini dikarenakan gap sambungan jalan yang renggang dan konturnya tidak begitu mulus. Namun handicap di awal perjalanan ini mampu diredam dengan mudah oleh BMW X7.

Berbekal suspensi udara Adaptive 2-axle yang juga dilengkapi dengan automatic self-leveling, perjalanan dirasakan tetap menyenangkan dan nyaman. Kombinasi ini diperkuat oleh duet velg 21 inch bergaya agresif dan sporti dengan balutan ban Contiental Premium Contact berukuran 285/45.

Memasuki Tol Cipali yang lalu lintasnya cukup padat, tentu membuat atmosfer berkendara menjadi sedikit berubah, kecepatan kendaraan tidak bisa dimaksimalkan seperti sebelumnya. Manuver ringan seperti melewati kendaraan di depan kadang dilakukan, namun selebihnya BMW X7 terus berada di jalurnya. Terasa membosankan, dengan kondisi ini pengemudi rentan hilang konsentrasi.

Namun adanya fitur Lane Keeping Assistant yang juga bisa mengintervensi pengemudi, dirasakan membantu agar kendaraan tetap pada lajurnya. Fitur ini sangat membantu pengemudi tetap konsentrasi pada jalanan, diharapkan bisa meminimalisir kecelakaan. Fitur ini juga menjaga pengemudi untuk disiplin saat ingin bermanuver berpindah lajur.

Kemampuan dari BMW X7 yang juga menarik untuk dimaksimalkan pada kondisi di atas adalah Active Cruise Control with Stop and Go Functions. Fitur semi autonomous driving ini memungkinkan pengemudi mengikuti irama kendaraan di depannya termasuk akselerasi dan berhenti secara penuh.

BMW X7 sendiri masih memiliki segudang fitur terbaik untuk mendukung pengemudi dalam berkendara terutama berkaitan dengan sistem keselamatan aktif maupun pasif. Di antaranya adalah Frontal Colision Warning with brake intervention, Active Blind Spot Detection, Rear Cross-Traffic Alert dan Daytime Pedestrian Protection, Parking Assistant Plus, Reversing Assistant, Surround (360) View for Panorama and 3D View. Lebih lanjut, BMW X7 juga dilengkapi enam buah airbags, Electric Stability Control, dan yang tidak kalah penting adalah Tire Pressure Monitoring.

Interior BMW X7
Interior BMW X7 (Katadata)

Untuk urusan hiburan sebagai teman dalam pejalanan, BMW X7 dipersenjatai dengan layar monitor berukuran 12.3 inch. Di dalamnya terdapat fitur konektivitas dengan smartphone pengguna, sehingga bisa memainkan lagu andalan sepanjang perjalanan. Sistem ini juga mendukung operasi Apple CarPlay dengan wireless function.

Adapun alunan musiknya sendiri dihadirkan oleh merek audio premium Harman Kardon buatan Negeri Paman Sam yang terkenal dengan kualitas jempolan. Tercatat terdapat 16 speaker, tersebar di dalam kabin sehingga menghasilkan alunan musik yang merdu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...