ExxonMobil Bangun 10.000 SPBU Mini di Seluruh Indonesia

Anggita Rezki Amelia
30 Januari 2019, 18:47
ExxonMobil
Arief Kamaludin|KATADATA

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengatakan ExxonMobil akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini merupakan bagian dari rencana kerja Exxon di Indonesia dalam mendukung penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi.

Direktur Bahan Bakar Minyak Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Patuan Alfon mengatakan yang akan dibangun oleh ExxonMobil itu adalah SPBU mini. Dari jumlah itu, perusahaan asal Amerika Serikat itu sudah membangun 17 SPBU mini di Jawa Barat seperti Karawang dan Cikarang.

Advertisement

Saat ini, ExxonMobil masih membutuhkan izin dari camat untuk pembebasan lahan guna pembangunan 10.000 SPBU mini tersebut. "Mereka akan buka di daerah-daerah yang tidak ada penyalurannya, tentunya daerah yang bukan kota besar, " kata dia di Jakarta, Rabu (30/1).

Investasi pembangunan SPBU mini itu, kata Patuan, mencapai Rp 100-150 juta per SPBU mini. Proyek 10.000 SPBU mini ini merupakan rencana jangka panjang Exxon dan targetnya bisa selesai dibangun dalam 2-5 tahun mendatang.

Sebelumnya, BPH Migas mendorong badan usaha swasta yang menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) membangun SPBU di luar Pulau Jawa. Ini karena SPBU swasta di luar pulau jawa masih sangat minim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement