Jonan Minta Ego Institusi Dihilangkan dalam Mitigasi Bencana

Image title
21 Januari 2019, 17:27
Jonan
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta agar semua instansi menghilangkan egonya ketika melakukan mitigasi bencana gunung api. Ini untuk mengurangi risiko jika terjadi bencana.

Jonan menilai mitigasi ini perlu kerja sama dengan instansi lain seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. “Tidak boleh ada ego insitusi, apalagi ego pribadi,” kata dia di Jakarta, Senin (21/1).

Advertisement

Lembaga yang menangani mitigasi gunung api juga harus bekerja sungguh-sungguh. Ini untuk mencegah terjadinya korban jiwa dan kerusakan materiel.

Menurut Jonan, datangnya bencana alam memang tidak bisa dipastikan secara akurat. Namun, bisa diprediksi berdasarkan penelitian, seperti perubahan-perubahan informasi berupa gerakan gunung api seperti yang dilakukan Badan Geologi Kementerian ESDM.

Jadi, kejadian tsunami Selat Sunda harus menjadi instropeksi semua lembaga terkait. “Kasus tsunami akibat Gunung Anak Krakatau itu besar sekali, semua intropeksi dan mohon para ahli terbuka,” ujar Jonan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement