Target Investasi Hulu Migas Tahun Ini Meningkat 4,15%

Anggita Rezki Amelia
11 Januari 2019, 21:51
skk migas.jpg
www.skkmigas.go.id

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan investasi hulu migas tahun ini sebesar US$ 14,79 miliar atau meningkat dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun lalu sebesar US$ 14,2 miliar. Ini karena ada beberapa proyek yang akan beroperasi.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan ada 13 proyek hulu migas yang akan beroperasi tahun ini. Ini meningkat dari realisasi proyek migas tahun lalu yang hanya enam proyek.

Total  nilai investasi 13 proyek itu mencapai US$ 702 juta. Sedangkan, total tambahan produksi dari 13 proyek itu mencapai 240 ribu barel setara minyak per hari (boepd), yang terdiri dari gas sebesar 1.300 juta kaki kubik perhari (MMscfd) dan minyak sebesar 8.600 bph.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan ada beberapa upaya untuk menarik investasi hulu. Salah satunya adalah menggratiskan akses data migas. “Jadi, seluruh dunia bisa lihat potensi minyak Indonesia, dan investasi hulu migas bisa lebih baik,” ujar dia di Jakarta, Jumat (11/1).

Sementara itu,dari data SKK Migas, sepanjang 2018 capaian investasi hulu migas mencapai US$ 11,99 miliar. Sedangkan menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tahun lalu investasi hulu migas hanya US$ 11,88 miliar dan hilir US$ 0,62 miliar.

Direktur Pembinaan Program Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan investasi tahun lalu tidak mencapai target karena ada kegiatan eksplorasi dan ekspolitasi yang tertunda. Selain itu, faktor harga minyak yang tidak ekonomis. “Awal-awal sempat di sekitar US$ 70 per barel, tapi sekarang turun dan di Desember US$ 51 hingga 54 per barel,” ujar dia.

(Baca: Upaya Mendongkrak Investasi Migas yang Anjlok Tiga Tahun Terakhir)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...