Kementerian ESDM Lelang Lima Blok Migas di Tahap Pertama 2019

Anggita Rezki Amelia
11 Januari 2019, 19:55
Migas
Dok. Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang lima blok minyak dan gas bumi (migas) pada tahap pertama tahun ini. Lima blok itu terdiri dari blok eksploitasi dan eksplorasi.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan lima blok itu adalah dua blok produksi yakni West Kampar dan Selat Panjang. Sedangkan yang termasuk blok eksplorasi baru yakni West Ganal, Makassar Strait, dan West Kaimana. 

Advertisement

Adapun lelang ini akan menggunakan skema kontrak gross split. "Lelang rencananya bulan ini lah, tadi baru rapat term and condition-nya," kata Djoko di Jakarta, Jumat (11/1).

Sebagai informasi, Blok Selat Panjang berakhir pada 5 September 2021. Blok ini dilelang karena kontraktor lama mengalami kebangkrutan. Begitu juga dengan Blok West Kampar yang terletak di daratan Provinsi Riau dan Sumatera Utara yang dilelang karena operator lama yakni PT Sumatera Persada Energi (SPE) dinyatakan pailit.

Menurut Djoko, Blok West Ganal yang nanti akan dilelang adalah bagian dari Blok Makassar Strait yang dijadikan sebagai wilayah kerja baru. Meski begitu,West Ganal tidak sama dengan Makassar Strait. Ini karena Makassar Strait hanya termasuk lapangan migas West Seno yang saat ini sudah beroperasi.

Blok Makassar Strait saat ini  masih dikelola oleh Chevron dan akan tetap berjalan hingga kontrak berakhir 2020 mendatang. Namun, Chevron tidak melanjutkan proyek itu karena tidak masuk ultra laut dalam (IDD).

(Baca: Proyek IDD Tetap Jalan Tanpa Makassar Strait )

Tahun lalu, Kementerian ESDM laku melelang sembilan blok migas yakni Citarum, East Ganal, East Seram, Southest Jambi, South Jambi B, Banyumas, South Andaman, South Sakakemang, dan Maratua. Seluruhnya mengunakan skema gross split. Realisasi lelang tahun lalu meningkat dibandingkan tahun 2017 yang hanya mencapai lima blok migas. 

Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement