Petronas Jadi Mitra Repsol Garap Blok Migas Sakakemang

Petronas dan Repsol masing-masing memiliki hak kelola 45%. Sedangkan, sisanya dipegang Mitsui Oil Exploration Co. Ltd (MOECO).
Anggita Rezki Amelia
8 Januari 2019, 13:57
Petronas
Arief Kamaludin|KATADATA

Petroliam Nasional Berhad (Petronas) melalui anak perusahaannya, PC Sakakemang B.V  bersama anak perusahaan Repsol, yakni Talisman Sakakemang B.V mulai mengembangkan Blok Sakakemang di Sumatera Selatan. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Operasi Bersama untuk Wilayah Kerja Sakakemang.

Penandatanganan itu dihadiri Presiden Petronas Carigali Indonesia, Mohd Nazlee Rasol dan Repsol Manajer Senior Perwakilan Hukum Eksplorasi & Opcom, David Ramos. Penandatangan itu berlangsung pada 5 Desember 2018, di kantor Repsol di Jakarta lalu.

Presiden Petronas Carigali Indonesia, Mohd Nazlee Rasol mengatakan penandatanganan perjanjian itu penting sebagai wujud komitmen perusahaannya berbisnis a di Indonesia, khususnya di Sumatera. "Petronas akan terus memainkan peran aktif dalam pengembangan jangka panjang industri perminyakan di Indonesia," kata dia melalui siaran resminya, Selasa (8/1).

Petronas dan Repsol memiliki hak kelola Blok Sakakemang masing-masing sebesar 45%.  Adapun, Mitsui Oil Exploration Co. Ltd (MOECO) memegang 10 persen.

Advertisement

(Baca: Selama 2018, Talisman Paling Gencar Ikut Lelang Blok Migas)

Di Indonesia, Petronas mengelola beberapa blok migas. Salah satunya adalah Blok Ketapang  di lepas pantai Jawa Timur. Kontrak blok ini mulai berlaku 11 Juni 1998 hingga 2028. Di blok ini, Petronas memiliki hak kelola 80% sekaligus bertindak sebagai operator, sisanya dipegang oleh PT Saka Ketapang Perdana.

Selain itu Petronas juga mengelola Blok North Madura II, Petronas menjadi pemegang hak kelola 100%. Blok ini masih berstatus eksplorasi. Adapun kontrak di blok ini berlaku sejak 22 Mei 2015 sampai 22 Mei 2045.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait