Selama 2018, Talisman Paling Gencar Ikut Lelang Blok Migas

Anggita Rezki Amelia
31 Desember 2018, 16:22
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya telah menyelesaikan lelang blok minyak dan gas bumi (migas) tahap tiga tahun ini. Ini merupakan lelang blok migas terakhir di tahun ini. Selama 2018, Talisman menjadi perusahaan yang paling gencar mengikuti lelang.

Mengacu data Kementerian ESDM, Talisman pertama kali mengikuti lelang blok migas pada tahap satu yang diumumkan Mei lalu. Perusahaan asal Kanada ini saat itu memenangkan Blok Southeast Jambi.Southeast Jambi merupakan satu dari tujuh blok migas yang dilelang dengan skema penawaran langsung pada tahap pertama tahun ini.

Talisman tak sendiri. Melalui anak usahanya yakni Talisman West Bengara B.V, Talisman menggandeng MOECO South Sumatra Co., Ltd membentuk satu konsorsium.

Akan tetapi, penandatanganan blok ini dilakukan Konsorsium Repsol Exploracion South East Jambi B.V. dan MOECO Southeast Jambi B.V. Repsol merupakan perusahaan yang mengakuisisi Talisman sepenuhnya pada 2015 lalu.

Kontrak blok ini diteken 17 Juli 2018 lalu. Konsorsium membayar bonus tanda tangannya US$ 500 ribu, dan komitmen pastinya terdiri dari G & G, seismik 2D sepanjang 300 km dengan total US$ 4,650 juta. Blok ini berlokasi di daratan Jambi dan Sumatera Selatan.

Di blok ini MOECO Jambi Tenggara B.V mengempit 33% sementara Repsol Exploración South East Jambi B.V bertindak sebagai operator sebesar 67%. Keduanya nantinya wajib untuk menawarkan 10% hak kelola kepada daerah.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...