Tiga Investor Minati Lelang Blok Migas

Anggita Rezki Amelia
26 Desember 2018, 17:33
Sumur Minyak
Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menutup lelang blok minyak dan gas bumi (migas) tahap III tahun ini. Hasilnya ada tiga perusahaan yang memasukkan dokumen. Adapun, jumlah blok yang dilelang empat.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakansalah satu perusahaan yang mengajukan dokumen adalah PT Pertamina (Persero). Sedangkan dua peserta lainnya adalah perusahaan internasional.

Advertisement

Pemerintah akan mengumumkan hasil  lelang tersebut pekan ini. “Selambat- lambatnya Jumat pengumuman pemenang," kata Arcandra, di Jakarta, Rabu (26/12).

Pemerintah sebenarnya sudah memberikan kemudahan kepada investor dalam lelang kali ini. Salah satunya dengan menggratiskan akses data. Sebelumnya, investor harus membayar maksimal US$ 80 ribu untuk mengakses data per satu wilayah kerja.

Adapun lelang tahap tiga ini terdapat empat blok eksplorasi, yakni South Andaman, Anambas, South Sakakemang dan Maratua. Skema lelang blok tersebut adalah penawaran langsung. Dengan skema ini, investor sudah lebih dulu melakukan studi bersama (joint study) untuk mengetahui potensi cadangan yang ada.

Mengacu data Kementerian ESDM, Blok South Andaman berada di lepas pantai Aceh, dengan luas 3.548,69 kilometer persegi (km2) dan kedalaman laut 100-1.500 meter. Cadangan gasnya 1.243,37 BCF dan minyak 218,92 MMBO.

Komitmen kerja pasti di Blok South Andaman minimal Geologi & Geofisika (G&G) dan seismik tiga dimensi (3D) sepanjang 500 km persegi berupa akuisisi data. Bonus tanda tangannya sebesar US$ 2 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement