Pertamina Lunasi Bonus Tanda Tangan Blok Rokan Rp 11 Triliun Pekan Ini

Setelah melunasi kewajiban bonus tanda tangan dan jaminan pelaksanaan, kontrak Blok Rokan bisa diteken.
Anggita Rezki Amelia
17 Desember 2018, 12:59
Ladang Minyak
Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan PT Pertamina (Persero) akan melunasi bonus tanda tangan dan jaminan pelaksanaan Blok Rokan pekan ini. Ini merupakan kewajiban sebelum menandatangani kontrak baru blok tersebut.

Bonus tanda tangan yang harus dibayar Pertamina yakni US$783 juta atau Rp11,3 triliun. Sementara itu, jaminan pelaksanaan sebesar 10% dari komitmen kerja pasti. Adapun, total komitmen pastinya sebesar US$500 juta. Menurut Djoko Pertamina sudah menyiapkan dana untuk membayar kewajibannya tersebut.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan saat ini tidak ada kendala untuk penandatangan kontrak. “Tinggal dibayar sama Pertamina. Kalau tidak salah, Pertamina mau membayar 21 Desember 2018," kata dia Jakarta, Senin (17/12).

Dengan dibayarnya bonus tanda tangan dan jaminan pelaksanaan Blok Rokan pekan ini, Djoko optimistis kontrak gross split Blok Rokan bisa diteken akhir tahun ini. Kontrak ini akan berakhir tahun 2021.  

Advertisement

Ditemui di tempat yang sama, Corporate Secretary Pertamina Syahrial Mukhtar mengatakan pihaknya masih menyiapkan pembentukan anak usaha baru yang akan mengelola Blok Rokan. "Pokoknya bulan ini tanda tangan, sebelum akhir tahun," kata dia.

(Baca: Pertamina Belum Ikut Investasi di Blok Rokan Tahun Depan)

Terkait masa transisi Blok Rokan, Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan pihaknya masih membahas hal tersebut dengan Chevron selaku operator Blok Rokan saat ini. Namun, kemungkinan tahun depan Pertamina belum berinvestasi awal di Rokan.

"Kami akan kolaborasi dengan Chevron mengenai apa saja yang harus disiapkan. Kami punya keinginan lebih cepat tapi Rencana Kerja dan Biaya kali ini belum," ujar Samsu kepada Katadata.co.id, Selasa (11/12).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait