Pertamina Belum Ikut Investasi di Blok Rokan Tahun Depan

Anggita Rezki Amelia
11 Desember 2018, 18:27
Sumur Minyak
Chevron

PT Pertamina (Persero) belum bisa ikut berinvestasi di Blok Rokan tahun depan. Ini karena hingga kini belum ada kesepakatan antara Chevron Indonesia selaku operator Blok Rokan dan Pertamina.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan tahun depan perusahaannya akan mulai berkomunikasi dengan Chevron mengenai operasional Blok Rokan. “Kami punya keinginan lebih cepat, tapi work plan and budget kali ini belum,” kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (11/12).

Selain itu, PT Pertamina (Persero) hingga kini belum bisa menandatangani kontrak baru Blok Rokan. Salah satu penyebabnya adalah masih ada adminsistrasi yang belum selesai.

Meski begitu, Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu masih optimistis kontrak baru dengan skema gross split ini bisa segera terealisasi. "Masih ada administrasi yang diselesaikan, tapi akan selesai tahun ini," ujar dia.

Sebelum kontrak diteken, Pertamina harus melaksanakan kewajibannya membayar bonus tanda tangan dan komitmen kerja pasti. Menurut Samsu, perusahaanya akan membayar bonus tanda tangan menggunakan dolar Amerika Serikat.

Bonus tanda tangan yang harus dibayar Pertamina yakni US$783 juta atau Rp11,3 triliun. Sementara itu, jaminan pelaksanaan sebesar 10% dari komitmen kerja pasti. Adapun, total komitmen pastinya sebesar US$500 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...