Terkendala Sumber Daya Manusia, Beberapa Pembangkit Listrik EBT Rusak

Image title
10 Desember 2018, 20:13
Surya EBT
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
ilustrasi.

Beberapa pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan mini hidro di daerah terpencil mengalami kerusakan. Penyebabnya adalah kurangnya perawatan dari masyarakat.

Kuranganya perawatan ini karena rendahnya kemampuan keuangan masyarakat. Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) terbatas.

Advertisement

Faktor lainnya adalah terbatasnya peralatan di daerah tertinggal dan terpencil. "Ada beberapa proyek yang sudah dibangun, tapi tidak berfungsi dengan baik," kata Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Adrian Febi Misna, di Jakarta (10/12).

Agar masalah ini tidak terulang dibutuhkan kerja sama antar Kementerian, seperti Bappenas dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atau pun pihak swasta yang berperan untuk meningkatkan ekonomi masyakarat di daerah terpencil. Sehingga, masyarakat mempunyai kemampuan melakukan pemeliharan dan meningkatkan kebutuhan listrik.

Hal ini juga dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di daerah terpencil."Memastikan dukungan dan peran-peran antara kementerian, guna melihat usaha apa saja yang kita bisa upayakan untuk desa," kata Febi.

Kepala Seksi Keteknikan EBTKE Kementerian ESDM Ezrom M.D. Tapparan mengatakan 5% dari 719 pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTMh) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di desa itu mengalami kerusakan. Ini berdampak pada pasokan listrik di beberapa desa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement