Penyelesaian Pembangunan Kilang Balikpapan Mundur ke 2023

Anggita Rezki Amelia
10 Desember 2018, 12:32
Kilang Balikpapan
Katadata

PT Pertamina (Persero) menargetkan proyek revitalisasi Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur beroperasi Agustus 2023. Ini mundur dari target sebelumnya yang ditargetkan selesai paling lambat 2021.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan meski terlambat, perusahaannya tetap mengejar penyelesaian Kilang Balikpapan. "Kilang ini memang mengalami keterlambatan. Namun, kami hari ini mulai, dan percepat, seluruh detail jadi 53 bulan," kata dia di Jakarta, Senin (10/12).

Pertamina hari ini menandatangani kerja sama pembangunan konstruksi Kilang Balikpapan dengan empat kontraktor yakni SK Engineering & Construction Co. Ltd., Hyundai Engineering Co. Ltd, PT Rekayasa Industri dan PT PP (Persero) Tbk. Mereka membangun kilang secara bersama (Joint Operation) dengan ruang lingkup pembangunan kilang baik Inside Battery Limit (IBL) maupun Outside Battery Limit (OSBL).

Kontrak itu memastikan proyek ini akan dibangun mulai awal tahun depan. Kontrak pembangunan Kilang Balikpapan mencapai US$ 4 miliar atau Rp 57,8 Triliun. 

Pertamina memilih empat perusahaan itu sebagai pemenang lelang konstruksi setelah dilakukan evaluasi. Empat perusahaan yang terpilih itu merupakan kombinasi dalam dan luar negeri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...