Pertamina dan 4 Perusahaan Teken Kontrak Konstruksi Kilang Balikpapan

Anggita Rezki Amelia
10 Desember 2018, 11:55
Teken Kontrak Konstruksi Kilang Balikpapan
Pertamina

PT Pertamina (Persero) memilih empat perusahaan untuk membangun konstruksi Proyek Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur.  Mereka pun sudah menandatangani kontrak pelaksanaan rancangan konstruksi alias engineering, procurement and construction  (EPC) proyek tersebut.

Empat perusahaan ini adalah SK Engineering & Construction Co. Ltd., Hyundai Engineering Co. Ltd., PT Rekayasa Industri dan PT PP (Persero) Tbk. Mereka akan membangun proyek kilang secara bersama (joint operation). Ruang lingkup pembangunan kilang terdiri dari Inside Battery Limit (IBL) dan Outside Battery Limit (OSBL).

Pemilihan pelaksana konstruksi ini melalui beberapa tahap. Lelang EPC dimulai 15 Maret hingga 26 November 2018. Pada 30 November 2018, Pertamina mengumumkan empat perusahaan itu sebagai pemenang lelang konstruksi setelah dilakukan evaluasi.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang mengatakan empat perusahaan yang terpilih itu merupakan kombinasi perusahaaan dalam dan luar negeri. "Kombinasi yang baik dalam membangun kapabilitas untuk membangun kilang," kata dia di Jakarta, Senin (10/12).

Nilai kontrak pembangunan Kilang Balikpapan mencapai US$ 4 miliar atau Rp 57,8 triliun. Proyek ini diperkirakan membutuhkan waktu 53 bulan sejak awal tahun depan dan beroperasi pada Agustus 2023.

Target itu sebenarnya mundur dari rencana awal, yakni selesai tahun 2021. Meski mundur, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan tetap akan mengebut proyek itu supaya bisa beroperasi lebih cepat. "Memang kilang ini mengalami keterlambatan, tapi kami percepat,"ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...