Arcandra Sebut Formula Baru BBM Premium Lebih Efisien Bagi Masyarakat

Anggita Rezki Amelia
23 November 2018, 18:04
Pertamina
Pertamina
SPBU

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah merumuskan formula baru harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium. Perubahan ini agar, harga BBM Premium saat ini lebih mendekati kondisi lapangan.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan ada manfaat yang diterima masyarakat dari perubahan formula tersebut. “Harga BBM Premium lebih efisien untuk masyarakat,” kata dia di Jakarta, Jumat (23/11).

Menurut Arcandra, formula ini akan disesuaikan dengan kondisi harga minyak sejak tahun 2017. Alasannya, formula sebelumnya masih menggunakan indikator lama. Padahal, harga minyak, perolehan, pengangkutan sudah berubah.

Jadi, penyesuaian itu diperlukan seiring dengan kondisi yang riil. “Formulanya jadi berbeda. Efeknya itu harga formulanya lebih mencerminkan harga keekonomian yang sesungguhnya,” ujar Arcandra.

Adapun saat ini harga di Premium di luar Jawa, Madura dan Bali (Jamali) adalah Rp 6.450 per liter. Sementara di Jamali harga premium adalah Rp. 6.550 per liter. Harga tersebut tidak mengalami perubahan harga sejak April 2016.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...