Pertamina Susun Kajian Cari Lokasi Terbaik Bangun Kilang Tuban

Anggita Rezki Amelia
15 November 2018, 21:25
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

Pembangunan kilang minyak Tuban hingga kini belum bisa terealisasi. Salah satu kendalanya adalah lahan. Untuk itu, PT Pertamina (Persero) masih mengkaji untuk menentukan lokasi terbaik membangun kilang minyak tersebut.

Direktur Program KPPIP Rainier Haryanto mengatakan saat ini ada dua opsi lokasi pembangunan kilang Tuban yakni di Tuban dan di Asembagus, Situbondo yang keduanya berada di Jawa Timur. Adapun, lahan di Asembagus tersebut merupakan lahan milik PTPN XI dan XII dengan luas mencapai 807 hektare.

Advertisement

Saat ini Pertamina masih menyusun kajian lokasi lahan kilang tersebut dengan melibatkan pihak-pihak terkait untuk menentukan lokasi yang tepat."Studi perlu melihat secara keseluruhan," kata Rainier kepada Katadata.co.id, Kamis (15/11).

Menurut Rainier upaya pengkajian lokasi yang tepat ini dilakukan agar target operasi proyek kilang Tuban tetap sesuai rencana. Apalagi Pertamina menargetkan proyek kilang ini bisa beroperasi pada 2024.

 Permasalahan lahan kilang Tuban juga menjadi sorotan Menteri ESDM Ignasius Jonan. Mengutip situs resmi Kementerian ESDM, pemerintah awalnya menetapkan lokasi pembangunan proyek Kilang di Tuban Jawa Timur.

Pertimbangan memilih Tuban tersebut sudah berdasarkan kajian dan pertimbangan yang menyeluruh, baik lokasi, topografi, juga pertimbangan studi kebumian. Tuban secara historis merupakan daerah yang minim terkena bencana alam seperti gempa dan tsunami.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement