Pemerintah Akan Sahkan Tiga Kawasan Strategis Nasional Tahun Ini

Image title
8 November 2018, 16:35
Perdagangan dengan China Melesat Paling Cepat
Arief Kamaludin|KATADATA
ilustrasi.

Pemerintah menargetkan bisa  menetapkan tiga Kawasan Strategis Nasional (KSN) tahun ini. Pembentukan kawasan strategis nasional ini merupakan amanah dari Peraturan Presiden Nomor 26 tahun 2017 mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Ketiga kawasan itu yakni Jabodetabekpunjur (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Cianjur), BBK (Batam, Bintan, dan Karimun), Gerbongkertosuliso (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Siduarjo, Lamongan dan Surabaya). Dari masing-masing wilayah memiliki peraturan presiden yang berbeda-beda.

Advertisement

Aturan ketiga wilayah tersbut, masih dalam tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenku HAM). "Sudah tahap harmoniasi. Mudah-mudahan tahun ini," kata Direktur Perencanaan Ruang Tata Laut Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Suharyanto, di Jakarta, Kamis (8/11).

Wilayah Jabodetabekpunjur akan difokuskan untuk kawasan pemerintahan pusat dan perdagangan. Sementara itu, BBK dan Gerbongkertosusilo akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), serta wilayah industri.

Sebenarnya, Jabodetabekpunjur dan BBK direncanakan ditetapkan tahun 2017. Namun, target itu tak tercapai karena ada beberapa kendala.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement