Harga Minyak Brent Turun 2,9% Jelang Sanksi Iran

Anggita Rezki Amelia
5 November 2018, 10:09
Sumur Minyak
Chevron

Harga minyak mentah jenis Brent mengalami penurunan jelang sanksi Amerika Serikat ke Iran. Penyebabnya adalah kekhawatiran adanya banjir pasokan karena menjelang sanksi tersebut, Amerika Serikat masih memberikan dispensasi kepada beberapa negara untuk bertransaksi dengan Iran.

Harga minyak Brent untuk kontrak Januari 2019 pada perdagangan Jumat (2/11) di bursa ICE Futures Europe turun 2,9% ke US$ 72,50 per barel dari hari sebelumnya. Sementara jika dibandingkan pada perdangangan awal Oktober yang mencapai level tertinggi sejak 2014, harga Brent turun 14,7%.

Penurunan harga juga terjadi untuk minyak West Texas Intermediate (WTI). Untuk pengiriman Desember, harga WTI turun 3,3% menjadi US$ 62,84 per barel.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Pompei mengatakan sanksi Iran akan berlaku mulai Senin, 5 November 2018 waktu setempat. Namun, menurutnya, ratusan bisnis meninggalkan Iran sejak Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir pada 2015 lalu. "Seluruh dunia memahami bahwa sanksi ini nyata,"ujar dia mengutip Time, Senin (11/5).

Dengan sanksi tersebut, harapannya, Iran dapat bernegosiasi dengan Amerika Serikat untuk mengakhiri ambisi nuklirnya. Jadi, Iran tidak akan memulai kembali program nuklir.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...