Resmi Kelola Blok East Kalimantan, Pertamina Kucurkan Rp 1,2 Triliun

Anggita Rezki Amelia
25 Oktober 2018, 09:45
Blok East Kalimantan Pertamina
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi (tengah) menyaksikan Direktur Utama Pertamina Hulu Indonesia Bambang Manumayoso (kanan) dan Presiden Direktur Chevron Pasific Indonesia Albert Simanjuntak (kiri) berjabat tangan usai serah terima pengelolaan Wilayah Kerja East Kalimantan dan Attaka di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (24/10/2018).

PT Pertamina (Persero)  resmi menjadi operator Wilayah Kerja (WK) East Kalimantan dari Chevron Indonesia Company (CICo) pada Kamis, (25/10). Ini seiring dengan berakhirnya kontrak Chevron di blok tersebut pada 24 Oktober 2018.

Pengelolaan East Kalimantan akan digabung dengan Blok Attaka yang wilayahnya berdekatan di Kalimantan Timur. Blok East Kalimantan dan Attaka dikelola oleh PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT).

Pertamina Hulu Kalimantan Timur adalah anak usaha dari Pertamina Hulu Indonesia. PHKT mulai mengelola blok tersebut selama 20 tahun ke depan sejak 25 Oktober 2018 sampai dengan 24 Oktober 2038.

Dalam pengelolaan blok ini, Pertamina menggunakan kontrak dengan skema gross split. Ini berbeda dengan skema kontrak yang dipakai Chevron pada pengelolaan sebelumnya yang menggunakan skema kontrak cost recovery (pengembalian biaya operasi).

Adapun komitmen pasti investasi tiga tahun pertama Pertamina di blok ini mencapai US$ 79,3 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun. Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia Bambang Manumayoso menyebutkan komitmen pasti itu terdiri dari dua paket studi eksplorasi, pengeboran satu sumur eksplorasi dan pengeboran empat sumur sisipan (infill) atau sumur pengembangan.

"Tentunya ini semua akan berjalan jika didukung oleh semua pihak,” kata Bambang berdasarkan siaran resminya Kamis (25/10).

Dengan kondisi tersebut, Pertamina, berupaya untuk menahan laju produksi pada tahun 2018 dengan merencanakan sejumlah program kerja. Di antaranya pengerjaan ulang (workover) 10 sumur, perawatan 59 sumur (well service). Dengan kegiatan itu Pertamina memprediksi produksi harian untuk  tahun ini mencapai 73,3 juta kaki kubik per hari (mmcfd) gas dan 13.291 barel per hari (bph) minyak.

Saat ini, Blok East Kalimantan-Attaka berada pada fase produksi “V” atau “fase penurunan produksi lanjut”. Perkiraan total produksi blok ini sebesar 1 BBO untuk minyak dan 3 TCF untuk gas.

Data pada akhir September 2018, produksi minyak dan kondensat Blok East Kalimantan-Attaka sebesar 13.220 bph dan gas sebesar 69,44 mmscfd.

East Kalimantan
East Kalimantan (Pertamina-SKK Migas)

 

Tahun depan, Pertamina akan melakukan tiga kegiatan utama. Pertama, mengebor tiga sumur di kuartal empat 2019. Kedua, pengerjaan ulang 37 sumur. Ketiga, perawatan 308 sumur. Estimasi produksi harian Blok East Kalimantan dan Attaka tahun depan sebesar 59,4 mmscfd untuk gas dan 10.639 bph untuk minyak.

Untuk menjaga kontinuitas operasional blok East Kalimantan-Attaka PHKT juga menyerap 727 pekerja eksisting Chevron, serta penandatanganan kontrak-kontrak pendukung aktivitas operasional baik melalui metode mirroring kontrak maupun pengadaan baru sekitar 200 kontrak.

Advertisement

(Baca: Alih Kelola East Kalimantan, 727 Pekerja Chevron Pindah ke Pertamina)

Sebagai gambaran, blok ini memiliki 15 lapangan yaitu Attaka, Melangin, Kerindingan, Serang, Sapi, Santan, Sepinggan, Sedandang, Seguni, Sejadi, Yakin, Mahoni, Bangkirai, Seturian, dan Pantai.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi berharap ditekennya kontrak blok tersebut menciptakan sinergi untuk mendukung efisiensi yang lebih maksimal bagi operasi hulu migas di Kalimantan Timur. Ia pun meminta produksi blok tersebut harus dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Persiapan alih kelola blok ini sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir. Amien mengaku pihaknya siap menjadi mitra utama PHKT untuk mewujudkan komitmen mereka di blok East Kalimantan dan Attaka.

“Keberhasilan alih kelola WK East Kalimantan dan Attaka akan menjadi pembuktian Pertamina sebagai perusahaan migas kelas dunia. Seluruh komponen anak bangsa patut mendukung untuk mewujudkan tujuan ini,” kata Amien.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait