Chevron Ajukan Proposal Revisi IDD Tanpa Makassar Strait

Anggita Rezki Amelia
8 Oktober 2018, 20:04
Rig
Katadata

Chevron Indonesia telah mengajukan kembali proposal pengembangan proyek ultra laut dalam (Indonesia Deepwater Development/IDD). Proposal ini sudah direvisi tanpa mengikutkan Blok Makassar Strait ke dalam proyek.

Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jaffee Arizon Suardin mengatakan proposal itu saat ini masih dikaji. "Ada tambahan info, sudah masuk dan sedang kami review sekarang," kata dia di Jakarta, Senin (8/10).

Advertisement

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan dengan masuknya revisi proposal baru itu, maka akan ada perubahan nilai investasi proyek IDD. Namun ia belum mau merincinya. “Itu nanti," kata dia.

Senior Vice President Policy Government and Public Affairs Chevron Indonesia Yanto Sianipar tidak membantah mengenai pengajuan proposal tersebut. "Itu benar adanya. Kami terus berusaha mencari peluang-peluang untuk biaya yang lebih efisien agar proyek tersebut menjadi ekonomis untuk dilaksanakan," ujar dia kepada Katadata.co.id. 

Chevron sebenarnya sudah mendapatkan persetujuan pengembangan proyek IDD tahun 2008. Dalam proposal pengembangan (Plan of Development/PoD) nilai investasinya sekitar US$ 6,9 miliar hingga US$ 7 miliar.

Namun, proposal itu kemudian direvisi karena harga minyak naik. Perusahaan asal Amerika Serikat itu kemudian mengajukan angka US$ 12 miliar di tahun 2013. Sayangnya proposal itu belum disetujui pemerintah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement