Sah Beli Saham Freeport, Inalum Bayar Tunai Rp 56 Triliun di November

Image title
27 September 2018, 20:28
Freeport
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua.

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Freeport McMoran (FCX) dan Rio Tinto menandatangani beberapa kesepakatan terkait divestasi saham PT Freeport Indonesia. Divestasi ini merupakan kewajiban perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia.

Yang ditandatangani yakni Perjanjian Divestasi PT Freeport Indonesia (PFTI), Perjanjian Jual Beli Saham PT Rio Tinto dan Perjanjian Pemegang Saham PTFI. Penandatanganan dilakukan Direktur Utama Inalum Budi G. Sadikin, dan Chief Executive Officer FCX Richard Adkerson dan disaksikan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

Sri Mulyani mengatakan penandatangan perjanjian itu merupakan tahap akhir dari proses negosiasi. “Kami akhirnya bisa memenuhi dan mencapai kesepakatan untuk pengambilalihan 51% saham Freeport Indonesia,” kata dia di Jakarta, Kamis (27/9).

Mantan Direktur Bank Dunia itu mengakui proses penandatanganan itu tidak mudah. Bahkan, hingga Rabu sore (26/9), pemerintah dan Adkerson masih bertemu untuk menyelesaikan detail kalimat yang akan diletakkan di Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang akan ditandatangani Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Meski alot, Sri Mulyani juga meyakinkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah tempat yang baik untuk melakukan bisnis. “Sebagai pemerintah kami berkomitmen agar bisa mendapatkan suatu lingkungan berusaha yang yang sama-sama menguntungkan bagi Republik Indonesia dan investor,” ujar dia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan setelah proses ini selesai, pemerintah menunggu PTFI mengirimkan surat kepada ESDM untuk memohon perubahan pemegang saham. Kemudian, Kementerian ESDM menerbitkan pengakhiran Kontrak Karya (KK) menjadi IUPK dengan masa operasi maksimal 2x10 tahun sampai 2041.

Namun, Jonan belum bisa memastikan kapan IUPK diterbitkan. “Kalau ditanya kapan, PTFI tergantung selesai transfer pembayaran Inalum kepada Rio Tinto dan FCX. Ini sih sudah selesai, tinggal administrasi,” ujar dia.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pembelian saham Freeport Indonesia ini akan dilakukan secara tunai. “November bayarnya cash,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...