Dubes AS: Ada Perusahaan Tak Minat Investasi karena Monopoli di RI

Anggita Rezki Amelia
27 September 2018, 17:26
Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan
Kedutaan Besar Amerika Serikat
Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan.

Duta Besar Amerika Serikat Joseph R. Donovan Jr menyampaikan peranan perusahaan asing yang sudah lama berada di Indonesia untuk menarik investasi. Menurutnya, penggerak terbaik untuk mendatangkan investor baru ke Indonesia adalah investor lama.

Setiap perlakuan pemerintah terhadap mitra ekonomi yang sudah ada merupakan sinyal bagi investor baru. Jadi, ketika pemain lama meninggalkan sebuah negara karena ada perubahan aturan atau kontrak, akan menjadi peringatan bagi investor baru untuk berpikir hati-hati sebelum memasuki pasar.

Donovan juga menyebutkan salah satu contoh yang terjadi. Ada perusahaan Amerika Serikat, yang tertarik untuk berinvestasi di sektor infrastruktur Indonesia melalui proses penawaran terbuka. 

Namun, minat mereka akan hilang ketika melihat kekecewaan yang dirasakan perusahaan Amerika Serikat lainnya terhadap praktik monopoli. Padahal, mereka telah menginvestasikan lebih dari US$ 3 miliar di sektor pembangkit listrik Indonesia.

Untuk itu, Donovan berpesan ke pemerintah Indonesia untuk terus menyempurnakan iklim investasinya dalam rangka menarik investasi luar negeri. "Kondisi yang adil dalam berkompetisi akan menguntungkan semua pihak," ujar dia.

Sementara itu, Donovan mengatakan Amerika tetap akan menjalin kerjasama dengan Indonesia. Apalagi selama 70 tahun terakhir kerjasama antar kedua negara terus berlangsung.

Selama 70 tahun kerja sama ada sejumlah proyek yang tercapai. Misalnya terkait investasi sepatu Nike yang kini sudah 30 tahun berada di Indonesia. Dari industri itu lebih dari 171 ribu orang Indonesia bekerja di Pabrik nike yang memproduksi sekitar 143 juta pasang sepatu, dan 41,5 juta alat serta perlengkapan olah raga pada tahun 2018. Produk-produk itu pun dipasarkan ke pasar dunia sehingga menjadi nilai tambah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...