PHE ONWJ Mulai Pengembangan Lapangan Migas Baru

Anggita Rezki Amelia
19 September 2018, 17:56
Rig Minyak
Katadata

PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) memulai pengembangan Lapangan YY. Ini ditandai dengan mulainya tahap fabrikasi anjungan lepas pantai YYA di Lapangan YY, Handil, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada akhir Agustus lalu.

Pengembangan Lapangan YY merupakan tindak lanjut keberhasilan penemuan cadangan migas dari aktivitas pemboran sumur eksplorasi YYA-4 tahun 2011. Lapangan YY terletak sekitar 90 KM dari Jakarta di lepas pantai utara Jawa Barat.

Temuan cadangan itu sebelumnya telah melewati evaluasi sebelum dikembangkan. “Setelah dievaluasi, temuan cadangan migas di sumur eksplorasi YYA-4 cukup menarik untuk dikembangkan,” ujar General Manager PHE ONWJ, Siswantoro M. Prasodjo berdasarkan keterangan resminya, Selasa (19/9).

Produksi dari lapangan YY diharapkan dapat mulai dialirkan akhir tahun 2019 . Potensi produksi minyak dan gas bumi rata-rata harian sebesar 3.750 barel per hari (bph) pada dan 20 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Proyek ini bernilai US$ 85,4 juta. Dana ini digunakan untuk pembuatan anjungan baru YYA, membangun pipa penyalur bawah laut 12 inchi sepanjang 13,5 KM, dan modifikasi anjungan yang telah ada di anjungan KLB dan KLA.

PHE ONWJ merupakan salah satu penghasil minyak dan gas bumi terbesar di Indonesia. Hingga Agustus 2018, produksi minyak dan gas bumi PHE ONWJ sekitar 30 ribu BPH dan 106,4 MMSCFD. Telah mulai berproduksi sejak 1971.

(Baca: Produksi Pertamina Hulu Energi Belum Capai Target di Kuartal I 2018)

Seluruh produksi minyak dan gas bumi PHE ONWJ dialirkan sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri. “Pengembangan Lapangan YY merupakan langkah strategis untuk mengamankan pasokan energi negeri,” ujar Siswantoro.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait