Pengusaha Ceko Akan Investasi Pembangkit Listrik hingga Turbin

Investor Ceko akan berinvestasi di PLTMH, PLTU Mulut Tambang, dan membangun pabrik turbin untuk pembangkit mini hidro.
Anggita Rezki Amelia
18 September 2018, 21:52
Pembangkit Listrik Tenaga Air, Kracak, Bogor
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan asal Ceko berminat investasi di Indonesia. Hal ini diungkapkan dalam Forum Bisnis antara Indonesia dan Ceko di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (18/9). Forum ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan bilateral Menteri ESDM Ignasius Jonan menyambangi Ceko untuk bertemu dengan Menteri Industri dan Perdagangan Ceko, Mei silam.

Pertemuan tersebut dihadiri juga Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. Dari forum bisnis ini, investor dari Ceko akan berinvestasi di Indonesia khususnya pada sektor energi, seperti Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang, serta mendirika pabrik turbin untuk mini hidro.

Arcandra menyampaikan beberapa hal untuk mencapai target investasi. Pertama, memiliki komitmen yang kuat. Dengan memiliki komitmen, pelaku bisnis dari kedua negara bisa melaksanakan dan bekerja sama  memenuhi apa yang ingin dicapai.

Komitmen ini penting karena selama ini beberapa forum bisnis tidak dapat merealisasi investasi. "Bisa bayangkan, kami telah mempunyai banyak forum bisnis, apa hasilnya? Hasilnya adalah tumpukan kertas, dan itu bukanlah tujuan kita," kata Arcandra dikutip dari situs Kementerian ESDM, Selasa (18/9).

Advertisement

Poin lainnya yang disampaikan Arcandra adalah jangan membuang waktu untuk mempertajam masalah yang ada. Kedua belah pihak harus bisa mengungkapkan kesempatan dan peluang yang ada.  

Menurut Arcandra, forum bisnis adalah cara untuk mengeksplor kesempatan. "Cobalah untuk membuat kontrak perdagangan langsung antara Indonesia dan Ceko, sehingga tidak melalui negara lain (pihak ketiga)," kata dia.

Hal lain yang disampaikan Arcandra adalah antara pengusaha Indonesia dan Ceko perlu saling mengenal. Di depan Presiden Senat Ceko, Milan Stech serta Duta Besar Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek, Arcandra mengatakan perkenalan itu merupakan hal penting sebelum membuat komitmen untuk berbisnis.

(Baca: Proyek Strategis Migas dan Listrik Ditunda Demi Rupiah)

Salah satu perusahaan Ceko yang sudah berinvestasi di Indonesia adalah Doosan Skoda Power. Perusahaan ini sudah menggarapa Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap Muara Tawar yang berkapasitas 2x250 megawatt (MW).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait